Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

6 Laps Jajal DNA Racing Audi R8 di Sirkuit Sepang

billy - Senin, 26 September 2011 | 10:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sepang - Pastinya hanya sedikit jurnalis tanah air yang punya kesempatan jajal Audi R8 5.2 FSI Quattro di sirkuit Sepang, Malaysia. Bukan cuma satu atau dua laps, tapi 6 laps sekaligus pegang kemudi. Dan lap sisanya, menjadi navigator alias duduk disamping driver.

Pengalaman nyetir R8 yang sejak lahir ber-DNA racing sudah pasti sangat berkesan. Muntahan power dari mesin V10 berkapasitas 5200 cc mampu memuntahkan power 525 dk di 8000 rpm. Sedangkan torsi 530 Nm di 6500 rpm.

Transmisi menggunakan R tronic sequential gearbox, dual clutch system. Bisa pakai transmisi otomatis yang memiliki 6 kecepatan dan transmisi manual lewat paddle shift. Juga dilengkapi fitur sport jika pengemudi ingin berkendara lebih agresif.

Jangan tanya soal akselerasi deh, gaharrr...!!! Bayangkan, mesin R8 mampu berkitir maksimal 8700 rpm . Dan hasil test tim Audi, untuk menempuh jarak 100 meter cukup 3,9 detik. Top speed bisa tembus 316 km/jam.


Sebelum dikasih kesempatan mengelilingi Sepang, peserta mendapatkan teknik berkendara dalam group-group kecil untuk mempelajari racing line sirkuit. Tentunya sambil marasakan kesempurnaan handling serta stabilitas R8.

Selanjutnya, masing-masing peserta diberi kesempatan menggeber R8 sebanyak 6 lap sambil mengikuti racing line instruktur. Group yang bersamaan dengan OTOMOTIFNET.com saat  trek lurus Sepang tembus 180 km/jam. Tapi group lain karena rata-rata kemampuan berkendaranya tinggi mampu tembus 230 km/jam.

Impression yang melekat dibenak saya, R8 yang memiliki DNA racing ternyata cukup nyaman dikendarai. Suspensinya tidak keras, minim getaran dan lecutan performanya lembut tapi powerfull. Handlingnya sangat racing banget. Belok kecepatan tinggi karena kesalahan antisipasi tikungan tidak membuat mobil melintir.

Tidak terbayang jika bukan R8, ngeri mambayangkannya. Mobil kencang yang cukup safety!!! (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa