Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fortuner Race, Jawaban Sebuah SUV Berkelas dari Toyota

billy - Kamis, 22 September 2011 | 13:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Denpasar - Toyota memberi cara unik untuk menjawab rasa penasaran para pecinta SUV andalan Toyota terbaru, Grand New Fortuner. Dengan fitur terbarunya, Grand New Fortuner siap menemani aktifitas petualang yang anda miliki.

Meski tidak berubah secara total, namun dengan sentuhan beberapa detail pada tampang luarnya, mulai dari kap mesin, lampu, juga grill dan bumpernya. Serta lampu belakang yang sudah terlihat makin mewah dengan aksen krom.

Namun, Toyota masih menyimpan satu fitur andalan baru pada Grand New Fortuner, yakni fitur GPS yang sudah tertanam sebagai fitur standar pada SUV Toyota ini. Nah, karena itu, tantangannya pun menaklukan Bali hanya bermodalkan fitur GPS.

Sebelum berangkat, titik-titik tujuan sudah ditentukan, sehingga peserta bisa langsung mengaksesnya melalui fitur GPS. Begitu duduk didalam kabinnya, terbayang rute menantang yang akan menjamu para peserta, termasuk Otomotifnet.com.

No caption
No credit
No caption

Varian yang digunakan adalah Grand New Fortuner V transmisi otomatis bermesin bensin 2.7 liter. Ruang kabinnya sedikit berbeda dan tampak lebih berkelas dengan beberapa aksen kayu, baik pada dashboard, door trim, maupun lingkar kemudinya.

Setelah fitur GPS dinyalakan, kemudian menggeser tuas transmisi pada posisi D. Derum suara mesin hanya samar-samar terdengar di dalam kabin. POsisi duduk pun diatur terlebih dahulu, kini makin praktis karena sudah secara elektronik dengan tombol pada samping kanan jok pengemudi.

Pedal gas diinjak, Grand New fortuner pun melaju. akselarasinya lumayan responsif, meski cenderung berat, karena tubuh bongsornya. Namun, untuk menyalip, tidak sampai kesulitan dan hampir tidak perlu sampai menggeser tuas transmisinya pada gigi yang lebih rendah.

Dengan beberapa kali klik, fitur-fitur yang tersemat pada GPS Grand New Fortuner tidak sulit untuk dioperasikan. Tinggal mengetik dengan jari (layar sentuh) rute mana yang diinginkan, kemudian menyimpannya dalam folder Favorit, sehingga memudahkan ketika akan digunakan lagi.

Setelah itu, pencet tombol Jalan! maka GPS tersebut akan memandu anda sampai di tujuan, dengan gambar yang mudah dicerna dan suara pemandu jalan yang tidak terlalu cerewet namun cukup informatif.


Rute yang dilalui memang tidak seperti di Jakarta yang padat. Lintasannya relatif sepi, meski jalannya tergolong kecil, hanya muat dua mobil pas-pasan. Belum lagi harus menghindari pada pejalan kaki dan sepeda motor.

Namun, meski tubuhnya bongsor, handling Fortuner tergolong mudah dan asik untuk dikendalikan. Toyota juga sepertinya sudah membenahi sistem suspensinya, sehingga gejala limbung terasa berkurang dan makin apik menjejak aspal.

Hanya untuk menaklukan setiap tikungan, visibilitas pengemudi agak terhalang desain pilar A yang mungkin terlalu dekat dengan lingkar kemudi. Jadi, harus sedikit lebih cermat untuk mengantisipasi mobil dari arah berlawanan.

Secara keseluruhan, Grand New Fortuner memang layak untuk menjawab kebutuhan anda untuk bertualang. Dengan tampang bergaya adventure, dilengkapi pula dengan GPS dan sistem audio layar sentuh yang dalam kondisi standar saja sudah cukup baik suaranya.

Toyota menawarkan Grand New Fortuner dalam 7 varian, bermesin bensin dan diesel. Juga ada dua pilihan penggerak roda, 4x2 da 4x4, dan satu varian tambahan versi TRD Sportivo, dengan banderol mulai dari Rp 372,5 juta sampai Rp 485 jutaan.

(mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa