Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Etios Liva Pengganjal Nissan March

billy - Jumat, 23 September 2011 | 08:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Rencana PT Toyota Astra Motor (TAM), APM Toyota di Indonesia akan meluncurkan Toyota Etios Liva semakin santer. Terlebih setelah kedatangan Akio Toyoda, president Toyota Motor Corporation ke Tanah Air (13/9) yang mengumumkan menambah investasi berupa perluasan pabrik baru di Karawang.

Salah satu fungsi pabrik barunya itu akan memproduksi Etios Liva untuk pasar Indonesia dan ekspor tahun depan. Tentunya, kehadirannya akan mengganjal city hatchback macam Nissan March yang banyak direspon konsumen.

PROYEK GLOBAL
Toyota Etios Liva (Liva) lebih dulu diproduksi Toyota Kirloskar Motor (TKM), APM Toyota di India, yang satu platform dengan Etios. Etios sendiri berjenis sedan dan muncul lebih dulu pada Januari di India. Suksesnya Etios, membuat TKM mengembangkan model hatchback yang penambahan kata ‘Liva’ yang berasal dari kata Lively (lincah atau bersemangat).

No caption
No credit
No caption

 desain sederhana tapi tetap stylish
“India merupakan bagian integral dari strategi pertumbuhan global Toyota. Etios ini merupakan tonggak tidak hanya bagi Toyota India tapi Toyota di seluruh dunia,” jelas Hiroji Onishi, President Toyota Motor Asia Pacific, Marketing and Sales Toyota Motor Corp. di acara peluncurkan Etios Liva di New Delhi, India (27/6) lalu.

Lewat ukuran, mobil ini termasuk kompak. Karena memiliki dimensi 3.775 x 1.695 x 1.510 mm (p x l x t) dengan wheelbase (WB) 2.460 mm. Atau, mirip ukuran bodi Nissan March (3780 x 1665 x 1525 mm). Namun lebih panjang 2 cm dari WB March yang 2.440 mm.

Bicara desain, Liva dirancang dengan konsep ‘Bold Simplicity’. Namun tetap terlihat gaya, sporti namun juga berkesan luks berkat lekukan bodi yang tegas. Kesan gaya dan sporti kental pada rancangan bumper dan aero kit (side skirt dan spoiler bumper) yang jadi peranti standarnya. Sedangkan luksnya tampak pada desain lampu depan-belakang, grill yang seperti orang tersenyum serta garis tegas di bodi samping.

No caption
No credit
No caption

Desain simple namun unik(kiri). Kapasitas 251 liter unggul dikelasnya(kanan).
Selain ekterior yang ditonjolkan, Liva juga diklaim best-in class cabin space. Dengan nuansa two-tone interior dan bangku yang ergonomis membuat nyaman pengemudi maupun penumpang. Desain dasbornya simpel namun menarik untuk sebuah kendaraan mungil.

Panel spidometer yang terletak di tengah dan desain lingkar kemudi yang layaknya stir mobil sport menjadi nilai tambah buat Liva. Coba perhatikan lubang AC di tengah yang adanya di sebelah kiri cluster tengah. Unik kan?

Selain itu, Liva diklaim mempunyai ruang kabin luas dengan WB yang lebih panjang dari Nissan March. Terlebih buat kenyamanan penumpang belakang lantaran lantai dirancang rata (flat rear floor).

No caption
No credit
No caption

Lantai rata menambah nyaman penumpang tengah di bangku belakang
Faktor kenyamanan pun hadir saat melihat kapasitas dan jumlah storage di dalamnya. Contoh untuk penumpang depan, disediakan cooled glove box (13 liter) yang bisa muat 7-8 botol minuman 800 ml.

Lalu, terdapat tujuh bottle holder ukuran  botol 1 liter. Yang cukup menarik lagi adalah kapasitas bagasi belakang yang sanggup dimuati barang sebanyak 251 liter.

Dalam sejarah, sepertinya baru kali ini Toyota mengembangkan mesin 1.200 cc. Sebagai basis dipakai NR engine gasoline (4 silinder segaris DOHC berbahan alumunium). Khusus di Liva digunakan 3NR-FE yang berspek 4 silinder segaris DOHC 16 katup 1.197 cc bertransmisi manual 5 percepatan (matik belum tersedia, red).


Mesin baru dengan tenaga lumayan besar
Kemampuan mesin barunya itu cukup bertaji. Karena sanggup menyemburkan tenaga maksimal hingga 80 dk/5.600 rpm. Sedangkan torsi maksimal sebesar 104 Nm/3.100 rpm. Sedikit lebih unggul dari March, namun di atas kertas masih di bawah Suzuki Splash.

Mengenai rencana Liva akan hadir ke Tanah Air, Joko Trisanyoto tak menampiknya. “Tahun ini belum, kita masih pelajari,” bilang marketing director TAM saat dijumpai di Sunter (12/9) lalu. Sanggup kah jadi pengganjal March?    (mobil.otomotifnet.com)

Data spek Toyota Etios LIVA VX (tipe tertinggi)
Mesin: 4 silinder segaris 16 katup DOHC
Kapasitas: 1.197 cc
Power: 80 dk/5.600 rpm
Torsi: 104 Nm/3.100 rpm
Transmisi: manual 5 percepatan
Suspensi depan: MacPherson Strut
Suspensi belakang: Torsion Beam
Rem depan: Disc
Rem belakang: Tromol
Dimensi bodi: 3.775 x 1.695 x 1.510 mm
Wheelbase: 2.460 mm
Ground Clearance: 170 mm
Kapasitas tangki bensin: 45 liter
Radius putar: 4,8 meter
Ban: 185/60R 15iPad

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa