Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jajal Konventer Kit Lovato Gas, Tarikan Enteng Mirip Mesin Bensin

billy - Rabu, 7 September 2011 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Ditengah harga jual literan Pertamax yang semakin mahal, Autogas Indonesia dengan percaya diri menawarkan alat penkonversi bahan bakar dari bensin ke gas. Namanya Lovato Gas, yang membuat mobil bisa meminum BBG maupun ViGas cair.

Nah, tentu saja bikin penasaran dong, apa perbedaannya dengan mesin bensin. Itulah yang coba OTOMOTIFNET.com jawab. Seperti apakah? Ini ulasannya!

Satu unit Opel Blazer kelahiran tahun 2000 dipilih untuk mengetest Conventer Kit Lovato Gas. Dengan tubuh bongsornya, diharapkan bisa terasa perbedaan yang signifikan antara mesin berbahan bakar bensin dan gas yang diolah oleh konventer Lovato Gas.

Tangki gasnya tersimpan apik di bagasi, dengan kapasitas 50 liter, lengkap dengan sensor tekanan gas yang bisa menunjang keamanannya. Mau dibakar pun, tabung ini tidak akan meledak. Kemudian, selang pembuangan dan corong pengisian gas di bawah bumper belakang.

No caption
No credit
No caption
Tabung gas berkapasitas 50 liter, lengkap dengan sensor tekanan gas

Didalam kabin, hanya terdapat ECU dan tombol pengubah bahan bakar, gas atau bensin. Sementara perangkat lainnya, terpasang apik di balik kap mesin, berpadu harmonis dengan komponen mesin lainnya.

Sekarang saatnya menyalakan mesin. Sebelumnya, bisa dipilih mau menggunakan bahan bakar apa. Di dashboard tersedia tombol pemindah bahan bakarnya. Mau gas atau bensin, tingal pencet. Lampu indikator berwarna merah menandakan bahan bakar bensin yang aktif, dan lampu berwarna hijau tanda gas sudah siap digunakan.

Suara mesin yang terdengar tidak berbeda antara bahan bakar gas maupun bensin. Masuk gigi satu dan pedal gas siap di injak. Pertama, tentu bahan bakar bensin yang dipilih. Injak pedal gas spontan dan bruuummm, mobil pun meluncur.

No caption
No credit
No caption
 Tombol pemindah bahan bakar gas atau bensin dan lubang pengisian gas

Gantian, saatnya pindahkan penggunaan bahan bakar dari bensin ke gas melalui tombol yang sama. Dan pedal gas pun di injak spontan. Ada perbedaan! Sesaat ketika pedal diinjak spontan, ada jeda seperti tenaga yang hilang sesaat, tapi setelah itu normal lagi.

"Memang seperti ada kehilangan tenaga sedikit pada putaran bawah, tapi lagi-lagi tergantung pada tipe dan jenis mobilnya. Untuk Blazer, butuh RPM yang lebih tinggi, coba di RPM 2.500," pinta Hendy, salah satu teknisi Autogas Indonesia.

Maka, sebelum start lagi, RPM dipanteng di angka 2.500, baru kemudian pedal gas diinjak spontan. Ya, gejala hilang tenaga memang hampir tidak terasa, meski tetap masih ada. Sedangkan saat bahan bakar bensin, tidak ada gejala tenaga hilang sesaat.

Tapi, itu tidak mengganggu kok, kan siapa juga yang mau menginjak gas spontan di jalan raya yang padat? karena kalau gas diinjak dengan cara diurut, gejala hilang tenaga tidak terjadi dan mobil berbahan bakar gas ini tidak berbeda tarikannya, enteng seperti mesin bensin!

 ECU dan karburator gas

Begitupun untuk konsumsi bahan bakarnya. Blazer kelahiran tahun 2000 ini meminum 1 liter BBG maupun ViGas untuk menempuh jarak sejauh 8 km dan kalau rute luar kota, 1 liter BBG atau ViGas bisa menempuh jarak 13 km. Gak beda jauh dari konsumsi bensin.

Oiya, Autogas Indonesia menawarkan tiga tipe paket konventer Lovato, terdiri dari Cylinder 48L dibanderol Rp 8,4 juta, Cylinder 58L dibanderol Rp 8,5 juta dan Toroidar (tabung berbentuk donut) dibanderol seharga Rp 9,5 juta. Keamanannya dijamin, termasuk garansi spare part selama satu tahun dan tabungnya tiga tahun.

Sejauh ini, Pertamina sudah membuka sebanyak 19 SPBG di Jabodetabek, dan sudah beroperasi sebanyak 10 SPBG. Dan seperti kita tau, harga perliter ViGas Rp 3.600, bandingkan dengan Pertamax yang mencapai Rp 8.100 perliter. Lebih hemat kan?

(mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa