Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Merasakan Transmisi Manual All New Daihatsu Sirion, Tetap Lincah Kok

billy - Senin, 8 Agustus 2011 | 15:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Astra Daihatsu Motor baru saja menghadirkan generasi terbaru dari citycar mereka, All New Daihatsu Sirion. Ada dua tipe transmisi yang ditawarkan, manual dan otomatis. Mana yang lebih nyaman untuk dikemudikan?

Namanya citycar, apalagi bertransmisi otomatis, sudah tentu makin memudahkan penggunaannya di dalam kota yang padat. Tapi, bukan lantas meninggalkan begitu saja tipe transmisi manualnya lho. Karena selain harganya yang lebih terjangkau, juga tetap nyaman kok.

Makanya, OTOMOTIFNET.com coba memberikan ulasan bagaimana rasanya mengendarai All New Daihatsu Sirion bertipe transmisi manual 5 speed ini. Yuk kita simak!

No caption
No credit
No caption

Daihatsu membekali All New Sirion tipe transmisi manual dengan 5 speed, sebagaimana mobil-mobil bertransmisi manual pada umumnya. Rasio gigi akhirnya 4,267, sehingga menjamin akselarasi yang lebih gesit.

Tuas transmisi yang berada di tengah juga tidak menyusahkan dan tetap mendukung ergonomi mengemudi. Selain itu, desain kepala tuasnya yang rada persegi, menjadikannya terlihat lebih modis dan berkelas.

Saatnya menginjak pedal kupling. Tidak keras dan tidak menyusahkan kok, sehingga meskipun harus terjebak kemacetan, tidak akan merepotkan pengemudi. Hanya saja, pergeseran tuas persenelingnya sedikit agak keras, sehingga sedikit merepotkan bagi yang tidak biasa membawa mobil bertransmisi manual.


Tapi, dari segi performa, mesin K3-VE, DOHC VVT-i, berkapasitas 1.3 liter pada All New Daihatsu Sirion bertransmisi manual ini menjadi sangat responsif dibandingkan tipe transmisi otomatisnya.

Tenaga mesin terus mengisi mulai dari gigi satu sampai empat, karena gigi lima hanya menstabilkan putaran mesin saja. Tarikannya terasa enteng, asalkan di jalan lurus. Namun, kalau menghadapi tanjakan, perlu sedikit ancang-ancang agar tenaga tetap tersedia.

Jadi, sebenarnya meskipun bertransmisi manual, Sirion generasi baru ini tetap praktis dikemudikan dan tidak merepotkan kok. Apalagi dengan harga jualnya yang dibanderol lebih murah, yakni seharga Rp Rp.139.500.000 on the road Jakarta.
(mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa