First Drive Daihatsu New Sirion, Penyegaran Luar Dalam

billy - Jumat, 8 Juli 2011 | 11:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Setelah sebelumnya New Sirion dilepas dipasar negeri jiran Malaysia dengan nama Perodua Myvi, kini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) siap memasarkan hatchback tersebut di Tanah Air. Dan sebagai pemanasan, ADM menantang sejumlah jurnalis untuk menjajal kemampuan New Sirion.

Rute yang dipilih pun tergolong sangat ibukota, dimana terdapat jalanan cukup lengang di tol JORR, hingga jalanan super padat di Semanggi. Lalu, seperti apa kehandalan mobil yang digadang-gadang sebagai varian flagship ADM ini? Yuk, lanjut.
No caption
No credit
No caption

Desain, Makin Stylish dan Segar
Dari luar, tampilan New Sirion terasa lebih stylish dibanding versi sebelumnya. Ini berkat desain anyar dari headlamp, bumper depan, gril dan kap mesin di bagian depan. Sedangkan samping dan belakang, kesan segar hadir berkat penggunaan desain pilar yang sedikit membulat, serta stoplamp vertikal.

Desain interior juga diperbaharui dengan aplikasi headunit carbon look yang terintegrasi pada dashboard. Istimewanya, pada varian 4-speed otomatis, New Sirion menempatkan tuas persneling di atas, seperti pada MPV Luxio. 

Tampilan panel meter cluster juga menarik. Sebab mampu memadukan tipe analog beriluminasi dan digital dengan apik.
No caption
No credit
No caption

Fitur dan Teknologi, Modern Namun Fungsional
Tak hanya mengubah tampang, beberapa fitur baru juga disematkan pada New Sirion, yang menunjang kenyamanan berkendara. Diantaranya electric power steering (EPS), headlamp berproyektor, meter cluster multifungsi dan seatbelt 3P ELR di jok belakang.

Meter cluster multifungsi ini terdiri dari speedometer, tachometer dan thermometer pada bagian analog. Sedangkan display digital akan menampilkan volume bensin, jarak tempuh yang bisa diraih, serta konsumsi rata-rata BBM selama perjalanan. Asiknya, seluruh fungsi panel tersebut juga mudah terbaca.

Performa, Irit Berkat EPS
Walaupun masih mengandalkan mesin 1.300 cc VVTi berdaya 90 dk seperti yang tertanam pada model lawasnya, tetapi New Sirion diklaim memiliki konsumsi BBM yang lebih efisien. Hal ini karena fitur EPS yang kini tak lagi membebani putaran mesin.

Hasilnya, saat versi 4-speed otomatis dikemudikan dijalanan macet, panel konsumsi rata-rata BBM menunjukan angka 1:12 km, cukup irit. 

Meski irit, tetapi saat dibawa berakselerasi di jalanan yang agak sepi, kemampuan New Sirion tetap mumpuni.  Bahkan saat dikebut di tol JORR, untuk meraih angka 130 km/jam terasa sangat mudah.

Handling dan Kenyamanan, Stabil di Jalan Bebas Hambatan
Menyasar segmen anak muda, Daihatsu juga tidak melupakan urusan handling dari New Sirion yang menunjang kenyamanan pengguna saat ngebut di jalan tol. New Sirion terasa stabil saat dikebut di tol. Tak ada gejala limbung setidaknya sampai kecepatan 130 km/jam.

Tentu konsekuensi dari kestabilan di jalan tol ini terpaksa ditebus dengan suspensi yang terasa keras saat dipakai di jalan bergelombang, atau berlubang. Namun, pengguna bakal terpuaskan dengan senyapnya kabin yang cukup mumpuni.

Harga dan Pesaing
Dilepas dengan harga sekitar Rp 139,5 – 150,5 juta membawa New Sirion turun kelas, dari kategori hatchback low, ke kelas compact car. Di pasaran Indonesia, kelas ini telah disesaki oleh Proton Savvy, Nissan March, Suzuki Splash, Chevy Spark dan pendatang baru, KIA New Picanto.  (mobil.otomotifnet.com)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : billy

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa