Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Accord Cielo 1996, Minimalis Khas Nineties

billy - Rabu, 6 Juli 2011 | 07:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - David Daniel punya kriteria tersendiri dalam memilih mobil yang enak dipakai untuk harian. “Harus representatif untuk pergi ke kantor tetapi juga enak dijadikan weekend car,” ujar David.

Mencapai tujuan itu tak harus dengan merogoh kocek terlalu dalam. Besutan lawas pun banyak pilihan, sampai akhirnya David kepincut dengan Honda Accord Cielo keluaran 1996.

Gaya Anak Selatan
Alasannya cukup masuk akal. Paling utama adalah soal harga pasaran terjangkau, yakni sekitar Rp 70 jutaan. Kedua adalah dimensi mobil dan kabin yang lega.

Maklum, David yang ada keturunan bule, tergolong berbadan jangkung sehingga kabin sempit bakal meyiksanya. Alasan ketiga adalah kapasitas mesin besar (2.200 cc) dan sudah VTEC.

Barangkali kalau ada alasan ke-4, karena desain Cielo yang timeless alias abadi. Meski mobil silver miliknya sudah berusia sekitar 15 tahun, tetap tak ketinggalan zaman bila bersanding dengan sedan saloon anyar.

No caption
No credit
No caption

 Mesin 2.2L dengan throttle body Honda CRV biar pantas jadi weekend warrior car
Apalagi David tak membiarkan mobilnya bertampang standar. “Namanya juga sebagai weekend car, at least kudu gaul,” ujarnya dengan logat Amrik yang kental.

Hanya saja, menentukan aliran yang pantas buat Cielo ternyata tak mudah. “Maunya elegan tetapi sekaligus sporty,” papar David. Waduh, pantas susah Bro!

Bila sekarang melihat tongkrongan mobilnya yang sudah full aero kit, kembali mengingatkan kita ke zaman ’90-an yang marak dengan ajang contest car. Alirannya cenderung southern alias ‘anak selatan’.

No caption
No credit
No caption

 Interior rapi dengan aksesori branded jadi ciri khas besutan 'anak selatan'
Ciri-cirinya mudah ditebak seperti single tone colour, no decals (tanpa stiker), ceper mapak (rata bodi), full body kit, aksesori branded dan interior rapi jali. “Bukannya apa-apa, bini gue suka ngomel kalau mobil berantakan,” kelakarnya.

Paling unik bila melongok buritan mobil yang punya ciri khas bagasi pendek ini. David menambahkan rear spoiler minimalis namun cangih.

Mirip-mirip Porsche, spoilernya jenis motorized. “Kalau lagi highway cruising, rear spoiler bisa naik dengan bantuan motor listrik,” jelasnya bangga.


 Kap bagasi rela dibobok demi memasang linkage kit rear spoiler yang sudah motorized
David rela membobok bagian dalam kap bagasi untuk dipasangi sistem mekanis dan motor listrik yang diimpor langsung dari Amerika. Mantap, Gan!

Tak hanya spoiler motorized, David juga menambahkan sensor pada spion agar bisa retract lewat peranti remote control yang ada di tangan. Sembilan puluhan banget!   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa