Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komparasi Geely Panda vs smart fortwo

billy - Jumat, 27 Mei 2011 | 11:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Membandingkan mobil memang asiknya yang dalam segara hal setara. Tapi bagaimana kalau coba membandingkan dua mobil yang kalau diibaratkan bagai bumi dan langit? Ya, Geely Panda vs smart fortwo.

Dari segi harga, smart fortwo jelas dinobatkan sebagai citycar yang paling mahal saat ini di Indonesia, sebaliknya, Geely Panda menjadi citycar yang paling murah di Indonesia. Bagaimana sepak terjang keduanya? Yuk kita ulas!


Desain, Sama-sama Unik dan Nyentrik

Membicarakan soal desain, dijamin ketika bertemu di jalan, baik smart fortwo maupun Gelly Panda bakal membuat banyak orang menoleh. Meski secara desain, keduanya mengusung karakter yang jelas-jelas berbeda.

No caption
No credit
No caption

smart fortwo unik dengan kapasitas dua tempat duduknya, dan tampil nyentrik dengan desain mungilnya yang mengotak. Apalagi yang versi cabriolet, dimana atap terbukanya bakal membuat tampilannya jadi lebih segar.
No caption
No credit
No caption

Sementara Geely Panda, keunikannya terlihat pada desainnya yang benar-benar terispirasi hewan Panda. Sekali melihat, kita langsung teringat pada Panda. Jadi, siap-siapkan mental untuk meladeni kenyentrikannya di jalan raya.


Fitur dan Teknologi, Geely Panda Menyerah?

Nah, kalau soal fitur dan teknologi, memang sepertinya Geely Panda harus menyerah. Tapi sama sekali bukan merendahkan lho, karena memang kedua mobil ini punya segmen pasarnya masing-masing.

No caption
No credit
No caption

Tapi, kalau menilik piranti yang disematkan pada Geely panda seperti airbags, rem ABS, juga audio double-din, rasanya Geely Panda memiliki fitur paling lengkap sebagai sebuah citycar.
No caption
No credit
No caption

Namun urusan teknologi, smart fortwo jauh mengungguli Geely Panda. Selain airbags dan rem ABS, smart fortwo sudah dilengkapi dengan dua opsi pengemudian, ECO dan normal. Jadi, kalau ECO diaktifkan, fitur Start/Stop nya bekerja.


Performa, Mesin Lebih Besar, Geely Lebih Unggul

smart fortwo, sekalipun dibilang bertenaga, namun harus mengakui keunggulan performa dari Geely Panda. Soalnya, secara kapasitas keduanya juga berbeda. mart fortwo hanya mengusung mesin 1.0 liter, sementara Geely Panda mengusung kspasitas mesin 1.3 liter.

No caption
No credit
No caption

Tapi ketika dibesut, keduanya memiliki kemiripan. Sama-sama berat pada putaran bawah, dan melesat tanpa kehabisan tenaga ketika memasuki putaran menengah ke atas. Bahkan, baik smart maupun Panda di jalan tol speedometernya bisa mentok di angka 160 km/jam!
No caption
No credit
No caption


Handling dan Kenyamanan, smart Lincah, Geely Stabil

Dengan bodinya yang super imut, jelas smart fortwo menawarkan kelincahan tersendiri ketika digunakan di dalam kota yang padat, meski saat melaju di jalan tol, tidak bisa menyaingi kestabilan Geely Panda.
No caption
No credit
No caption

Begitu juga ketika diajak keluar kota dengan tanjakan dan liukan yang ekstrim, handling smart fortwo tidak sebaik Geely Panda. Faktor besaran dimensi tentu saja menjadi penyebabnya.

Sementara urusan kenyamanan, smart memang menawarkan kenyamanan lebih, baik dari posisi duduk, desain interior, maupun redaman kabin. Sementara Geely Panda masih sedikit belum bisa meredam suara mesin dari luar, juga suara audionya masih terbilang standar.


Harga, Bagai Bumi dan Langit

Sekarang giliran soal harga. Ini baru sangat kentara kalau kedua mobil ini perbedaan harganya bagaikan bumi dan langit. Lihat saja, sejak diluncurkan Geely melepas Panda seharga Rp 95 juta On The Road Jakarta, tapi Smart Fortwo paling mahal dilepas Rp 269 jutaan.

(mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa