Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tes Konsumsi BBM SUV, Siapa Paling Irit?

Billy - Rabu, 18 Mei 2011 | 14:03 WIB
Mitsubishi Pajero Sport 3.0
Mitsubishi Pajero Sport 3.0

Otomotifnet.com - Sesuai namanya, SUV (Sport Utility Vehicle), jenis ini lebih ke arah sebagai kendaraan serbaguna. Maksudnya bukan serbaguna pengangkut barang, tapi untuk kebutuhan perkotaan, juga pedesaaan atau kondisi jalan yang kurang bagus.

Karena sebagian besar memilik ground clearance lebih tinggi dari jenis kendaraan lain macam sedan, MPV, city car ataupun city hatchback yang sedang tren saat ini. Makanya SUV disebut juga gabungan antara jip dan MPV.

Seiring perkembangan zaman dan kebutuhan,  SUV berasimilasi dengan jenis baru yang dijuluki crossover. Ketangguhan tetap sama, namun karakter mengemudi dirancang mirip sedan sehingga lebih nyaman dikendarai. Kata lain, crossover merupakan penggabungan MPV dan jip.

Di Indonesia, keduanya tersedia. Baik di kategori medium SUV, high SUV dan premium SUV (sesuai kategorisasi Gaikindo, red). Agak beda dengan MPV, konsumen SUV belakangan ini lebih memilik high SUV ketimbang medium SUV. Itu bicara total lo!

Tapi dari model yang paling laris tetap dikuasai medium SUV yang mana Toyota Rush menjadi volume leader di kelas SUV sampai dengan Maret 2011 lalu. Namun apakah Rush menjadi yang teririt dalam pemakaian bahan bakar?

Ternyata tidak! Sang kuda hitam Chevrolet Captiva SS yang mengandalkan engine baru Ecotec 4 silinder segaris DOHC 16 katup berkapasitas 2.384 cc mampu menjadi SUV paling irit bahan bakar di seluruh kategori SUV, meskipun dengan peminum solar.

Kerena Captiva SS mampu menembus jarak 16,2 km untuk 1 liternya. Sementara itu, Nissan X-Trail yang sama-sama peminum bensin belum bisa dekat dengan SUV Chevrolet tersebut. Karena menenggak 15,3 km per liternya. Suzuki Grand Vitara yang juga mengusung mesin 2.000 cc hanya berbeda 0,2 km per liter lebih pendek dari X-Trail. 

Sedangkan di SUV diesel, Ford New Everest unggul di soal pemakaian solar. Karena dengan mesin Duratorq 2.500 cc sanggup menempuh 15,7 km untuk 1 liternya.

Posisi kedua, diraih Toyota Fortuner yang bermesin 2KD-FTV 2.494 cc dengan 15,3 km per liternya. Fortuner berada di urutan ketiga yang cukup jauh perbedaannya dengan Pajero Sport.  (mobil.otomotifnet.com)

Suv bensin    
Posisi Mobil Konsumsi BBM konstan(km/liter)
1.  Chevrolet Captiva SS 1:16,5
2.  Nissan X-Trail 2.0 1:15,3
3.  Suzuki Grand Vitara 2.0 1:15,1
4.  All New Honda CR-V 1:14,5
5.  Daihatsu New Terios 1:12,8
Suv Diesel    
Posisi mobil Konsumsi BBM konstan(km/liter)
1.  Chevrolet Captiva VCDi 1:16
2.  Ford Everest 1:15,7
3. Toyota Fortuner 1:15,3
4. Mitsubishi Pajero Sport 1:13,8

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa