Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Profil VW Golf TSI, Padat Fitur Canggih

Editor - Kamis, 15 Juli 2010 | 12:23 WIB
Profil VW Golf TSI, Padat Fitur Canggih
Profil VW Golf TSI, Padat Fitur Canggih

Profil VW Golf TSI, Padat Fitur Canggih
Profil VW Golf TSI, Padat Fitur Canggih

OTOMOTIFNET - Kebanyakan orang Indonesia jika ditawari mobil dengan harga diatas Rp 300 juta, hal pertama yang biasanya ditanyakan adalah fasilitas apa saja yang bisa mereka dapatkan di mobil tersebut? Dan ini bakal dipertanyakan juga di mobil Volkswagen Golf TSI yang baru saja diluncurkan Rabu siang (14/07) di Jakarta.

Mobil yang dibanderol cukup tinggi tersebut, yaitu Rp 339 juta on the road,  memang cukup unggul dari segi fitur. Kendati harganya sudah cukup murah ketimbang generasi sebelumnya yang CBU (completely build up), namun tetap saja, pertanyaan tentang fitur yang diberikan akan selalu mengemuka.

Yup ini lumrah, mengingat uang sebanyak itu, masih sangat dipertimbangkan untuk membeli mobil dengan tingkat kenyamanan tinggi bagi masyarakat kita. Apalagi jika melihat model dan dimensi yang diusung oleh VW Golf TSI tidak jauh berbeda dengan Honda Jazz dan beberapa pesaingnya. Lalu mengapa konsumen harus memilih Golf TSI ketimbang harus beli city car lainnya?

Mari kita data satu-persatu apa saja keunggulan dan fasilitas apa saja yang bisa didapatkan konsumen, dengan harga sebesar itu.

Mesin TSI, Menjadi Mesin Terbaik Tahun 2009-2010

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh VW Golf TSI adalah karena ia menggunakan msin terbaik dari VW dan sudah mendapat penghargaan dari International Engine of the Year 2009-2010, dan juga mendapatkan lisensi sebagai Best Green Engine 2009, untuk kategori mesin di kelasnya.

Profil VW Golf TSI, Padat Fitur Canggih
Profil VW Golf TSI, Padat Fitur Canggih

Bukan hanya itu, kapasitas mesin 1.400 cc dengan aplikasi supercharger dan turbocharger, membuat mobil ini mempunyai performa luar biasa. Dari dapur pacu ini, kekuatan yang bisa dihasilkan adalah sebesar 160 daya kuda, atau bisa menempuh hingga 220 km per jam. Wow, tentunya tidak lepas juga dari aplikasi 7 percepatan yang diklaim lebih garang ketimbang 6 percepatan.

“Aplikasi 7 speed, tentunya mempunyai performa yang lebih baik ketimbang aplikasi 6 speed. Apalagi menggunakan kopling ganda, membuat mobil Golf TSI semakin responsif dan gesit. Dan ini menjadi salah satu kelebihan Golf TSI dibandingkan dengan kompetitornya,” ungkap Andrew Nasuri CEO PT Garuda Mataram Motor (GMM).

Profil VW Golf TSI, Padat Fitur Canggih
Profil VW Golf TSI, Padat Fitur Canggih

Namun jangan salah sangka dulu, meski performanya sangat bagus, namun konsumsi bahan bakarnya tidak diabaikan. VW bahkan mengklaim bahwa mobil ini bisa mencapai 16.6 km untuk satu liter bensin. Tidak heran jika VW Golf diklaim telah lulus standar emisi Euro4.

Aplikasi 7 Titik Airbag dan 3 Point Seatbelt

Hal yang paling penting dan perlu dipahami keberadaannya adalah aplikasi 7 titik airbag pada mobil ini. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa fitur ini akan percuma untuk kondisi Indonesia, mengingat lalulintas padat perkotaan yang tidak memungkinkan untuk kebut-kebutan di jalan. Namun bagi VW, faktor safety adalah yang paling utama.

Belum lagi dengan adanya aplikasi kelengkapan 3 point seatbelt pada masing-masing joknya. Tentunya ini membuat mengendara dengan Golf TSI menjadi semakin aman karena faktor safety benar-benar di utamakan. Tidak heran jika mobil ini mendapat predikat mobil teraman di dunia versi Europe NCAP.

Perlengkapan Active Safety

Bukan hanya sekedar Antilock Braking Systems (ABS), Engine Braking Control (EBC), Traction Control Systems (TCS), Electronic Brake Force Distribution (EBD) dan Electronic Differential Lock (EDL) saja yang disajikan di sini, namun juga perangkat Electronic Stability Programme (ESP). Dimana ESP ini bekerja saat ada gejala oversteer dan understeer pada mobil akibat permukaan jalan yang licin.

Profil VW Golf TSI, Padat Fitur Canggih
Profil VW Golf TSI, Padat Fitur Canggih

Konfigurasi Jok Depan Sporty dan Lebih Fleksibel
Melihat konfigurasi jok depan VW Golf TSI ini, rasanya tidak ada kata yang pantas selain T.O.P.B.G.T. Mengingat alur jok depan yang sangat sporty dan sangat nyaman. Apalagi pengaturan maju-mundur, tinggi dan pendeknya juga bisa diatur. Tentunya ini menjadi kelebihan yang bisa didapatkan dari sebuah mobil city car premium yang satu ini.

Profil VW Golf TSI, Padat Fitur Canggih
Profil VW Golf TSI, Padat Fitur Canggih

Belum lagi tambahan fitur-fitur standar lain yang sudah menjadi bawaan mobil seharga Rp. 300 juta keatas, seperti sistem audio dengan 8 loudspeaker, serta fitur-fitur terbaik lainnya. Jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan, rasanya belum cukup untuk menghargai semua kelebihan yang ditawarkan di mobil ini. So, dengan semua fasilitas ini, harga Golf TSI masih cukup murah bukan?

Spesifikasi VW Golf TSI :

Body Type : 5 Door Luxury Hatchback
Mesin : 4 Silinder segaris, dengan teknologi twincharger
Kapasitas : 1.390 cc
Tenaga Maksimal : 160 daya kuda pada 5.800 rpm
Torsi Maksimal : 240 Nm pada 2.000 rpm
Setir : Electro-mechanical power assisted steering
Transmisi : 7 Speed Direct Shoft Gearbox (DSG), sistem operasi hidrolis kopling ganda dan tiptronic
Pengereman : Ventilated Disc (depan), Disc Brake (belakang)
Suspensi : MacPherson Strut Suspension (depan), 4 link Axle, independent suspension (belakang)

Penulis/Foto : Uda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa