Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Profil Peugeot 3008, Suguhan Sensasi Bagai Pilot

Iday - Senin, 12 Juli 2010 | 11:51 WIB
Profil Peugeot 3008, Suguhan Sensasi Bagai Pilot
Profil Peugeot 3008, Suguhan Sensasi Bagai Pilot

OTOMOTIFNET - Demam besutan crossover yang sedang melanda dunia, tak membuat Peugeot tinggal diam.

Konsep mobil dengan utilitas tinggi alias all terrain, namun tetap mempertahankan rasa sebuah sedan, ikut diperagakan pabrikan berlogo singa berdiri lewat varian teranyar 3008.

Sepintas, Peugeot 3008 merupakan perpaduan antara MPV (Multi Purpose Vehicle), SUV (Sport Utility Vehicle) dan hatchback.

Hal ini bisa dicermati dari bentuk bodi, tongkrongan kaki-kaki dan bentuk buritan yang memiliki overhang minim.

Price list menjadi sangat sensitif mengingat fitur premium yang diusung 3008 berbanding lurus dengan harga yang mesti dibayar. 

OTOMOTIF  sependapat dengan hal ini saat ikut merasakan langsung kemewahan crossover Peugeot 3008 pada bulan Mei tahun lalu dengan rute sepanjang 200 km menyisir pantai Kroasia.

Ciri khas paling kentara adalah saat pengemudi duduk di belakang kemudi yang memiliki atmosfer bak kokpit pesawat terbang.

Desain dasbor dan panel instrumen menjurus kepada driver centric, memang bisa menyuguhkan sensasi berpetualang sama sekali beda.

Bahkan, mungkin baru Peugeot yang pertama kali menawarkan gaya kokpit bagi drivernya.

Simak saja pengaturan center console dan nuansa dasbor penuh tombol yang menyiratkan suasana kabin pesawat terbang.

Deretan tombol di bawah kisi AC yang terus berlanjut hingga tuas persneling, memberi nuansa ‘ready for action’ bagi setiap orang yang duduk dibelakang setir.

Tak hanya suasana pesawat terbang biasa, feel seorang pengemudi atau penumpang bisa sekonyong-konyong serasa di dalam kabin pesawat jet tempur berkat panoramic roof yang didesain khusus berada persis di atas kepala.

Begitu mendongakan kepala, langit cerah bisa terpantau.  

Meski begitu, posisi duduk dan pandangan mata ke windshield serasa mengemudikan sedan premium khas Eropa yang sarat kenyamanan dan segudang fitur alat bantu mengoperasikan kendaraan.

Tak ada lagi kesan SUV pada umumnya.

Bicara alat bantu selama mengemudi, 3008 dipersenjatai berbagai fitur yang hampir tidak di dapat pada rival atau kompetitornya.

Contoh paling sederhana adalah layar MID (Multi Information Display) yang dipasangkan sejajar dengan mata pengemudi persis di belakang atap cluster spidometer.

Meski begitu tak bakal menghalangi pandangan karena layar MID ini berwarna bening layaknya akrilik atau mika, namun bisa mengeluarkan gambar dan tulisan sesuai kebutuhan driver saat berkendara.

Pindahkan sudut pandangan mata sedikit ke kiri, tepatnya ke center dashboard, sebuah display besar retractable menampilkan sistem navigasi.

Keunikan lain dari desain interior 3008 adalah kabin multi-compartment. Maksudnya jelas, namanya besutan crossover identik bawaan barang cukup banyak.

Begitu banyak laci, holder dan spasi di setiap sudut kabin untuk menyimpan barang bawaan agar tak tercecer saat mobil melakukan manuver atau suspension travel cukup ekstrem.

Ini sangat dimungkinkan karena 3008 dipersenjatai 2 macam  mesin bensin berkapasitas 1.600 cc, yakni VTi dan THP yang mampu menyemburkan tenaga antara 120-150 dk.

Output yang patut diperhitungkan untuk membawa bodi cukup besar dengan 5 tempat duduk.

Penulis/Foto: Kl:X / Tigor

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa