Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mitsubishi Colt Diesel, Super Di 3 Medan Dengan 10 Varian

Editor - Rabu, 17 Februari 2010 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Selama 40 tahun memimpin pasar dikelasnya, Mitsubishi Colt Diesel kini tampil dengan lebih banyak varian. Secara garis besar Mitsubishi Colt Diesel dibagi menjadi tiga tipe yang disebut dengan istilah 3 SUPER yaitu Super Economical, Super Speed dan Super Power.

3 Super Truk Mitsubishi Colt Diesel ini diyakini dapat memenuhi  berbagai kebutuhan angkutan niaga dan siap mendukung bisnis konsumennya di segala medan sesuai dengan peruntukan masing-masing tipe, baik untuk menaklukan medan berat ataupun menjadi angkutan serba cepat.

Super Economical terdiri dari beberapa varian yaitu FE 71, FE71BC , FE 73 dan FE 73 HD, FE83BC yang diperuntukkan untuk bisnis angkutan industri, pabrik, distutor, retailer, kelontong, pertanian atau perkebunan, perikanan dan peternakan hingga angkutan penumpang perkotaan di jalan aspal dan medan ringan.

Sedang Super Speed  terdiri dari FE 74S dan FE 84, FE84G BC yang diperuntukkan bisnis angkutan lintas kota antar propinsi seperti barang industri, hasil pertanian,  perkebunan, perikanan, peternakan yang melintasi jalan aspal, tanah dan berbatu.

No caption
No credit
No caption

Ciri 3 super bisa dilihat pada sticker di atas head lamp

“Super speed adalah varian terlaris dari Mitsubishi Colt Diesel. Dari 28.703 unit total penjualan Colt Diesel, hampir 60 persennya adalah varian Super Speed. Mungkin karena kemampuannya ada di tengah, jadi cocok untuk segala medan,” buka Rizwan Alamsjah, Maketing Director PT PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

“Sesuai peruntukannya, varian ini memang sangat kencang untuk melaju di jalan aspal sehingga cocok untuk angkutan bisnis lintas kota. Apalagi didukung dengan kenyamanan bagi sopirnya seperti ruang kabin yang nyaman dan power steering membuat sopir bekerja lebih produktif,” lanjut pria ramah ini.

Dan yang terakhir adalah Super Power ditandai dengan logo HD (heavy duty)di atas head lamp. Varian ini terdiri dari FE 74 HD dan FE SUPER HD yang diperuntukkan bisnis angkutan di pertambangan, kehutanan atau perkebunan di area medan berat. Tenaga varian ini dipastikan paling besar dengan paduan gear ratio paling ringan agar tetap mudah melintasi medan terjal sekalipun.

“Bukan hanya tenaganya besar, tapi kemampuannya menahan beban juga dipastikan paling bagus dengan per daun paling kuat. Cirinya per daun yang dipakai varian super power berwarna merah,” terang Jerry Amran, dari divisi Public Relation PT KTB.

No caption
No credit
No caption

Head lamp agresif dan ruang kabin yang nyaman dilengkapi power steering

Semua varian Mitsubishi Colt Diesel dilengkapi dengan mesin tipe 4D34 yang terkenal bandel dengan Turbo intercooler berkapasitas 3.908cc. Dan disesuaikan dengan besarnya muatan dan kondisi medan yang akan dilalui, output power dari tiap varian dibedakan satu sama lain. Ada yang 110 ps, 125 ps dan 136 ps

Hal lain yang membedakan diantara varian yang ditawarkan Mitsubishi Colt Diesel adalah gear ratio-nya. Tentunya kebutuhan untuk medan berat yang membutuhkan torsi besar atau lebih sering diaspal dengan kecepatan tinggi memerlukan transmisi yang berbeda. Meski sama-sama menggunakan transmisi M025S5, namun tersedia pilihan final gear yang berbeda mulai dari 4.875, 5.571, 5.714 dan yang paling ringan 6.166.


Super Power dilengkapi dengan per daun berwarna merah

Selain itu salah satu keunggulan Mitsubishi Colt Diesel yang sampai saat ini masih jadi pertimbangan para pebisnis untuk memilih “si kepala kuning” ini adalah kemudahan spare part-nya. Hingga saat ini jaringan spare part dari Mitsubishi sangat luas hingga ke pelosok desa sekalipun.

“Mekanik di daerahpun umumnya sudah sangat familier dengan produk kami ini,” ungkap Rizwan. Mesin bandel, banyak pilihan dan kemudahan spare part dan service, kurang apa lagi?

Penulis/Foto : Popo

 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa