Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Reset ECU Nissan Bukan Untuk Perbaiki Masalah

Otomotifnet - Jumat, 7 Agustus 2015 | 11:05 WIB
Nissan Grand Livina
autobild.co.id
Nissan Grand Livina

Jakarta - Sebelum melakukan reset, sebaiknya pahami dulu dan jangan salah kaprah. Begini, ECU mempelajari tentang mesin saat kendaraan berjalan atau mesin dihidupkan. Learning adalah proses ECU mempelajari perubahan toleransi sensor dan aktuator pada mesin.

"Hasil pembelajaran ECU akan disimpan dalam RAM, yang disuplai dengan baterai, agar memory tidak hilang dan tidak harus mulai dari awal pada saat menghidupkan mesin," Ovi Sardjan, tuner Khatulistiwa Suryanusa di Jl. Pramuka, Jakpus.

Nah reset ECU adalah proses menghapus semua memori jangka panjang yang tersimpan ECU. Variabel-variabel seperti idle speed, bahan bakar, ignition dan banyak lagi. ECU juga akan menyimpan masalah kode untuk proses diagnostik.

Ada mitos bahwa perlu melakukan reset ECU setelah melakukan modifikasi mesin. Ada juga yang menyimpulkan bahwa reset akan memperbaiki masalah mesin. Keduanya merupakan mitos yang tidak benar.

 
"Dengan reset ECU, nilai-nilai yang sudah tersimpan akan di-default ke netral dan semua trouble code akan dihapus," terang  Antoni Wijaya, pemilik bengkel Under Control yang bermarkas di Bendungan Hilir, Jakpus.

Cara reset ECU cukup beragam, ada yang mesti melepas terminal negatif kabel aki selama beberapa saat.

 
Beda kendaraan, beda waktu yang dibutuhkan. Untuk Honda biasanya cukup 30 detik. Bisa juga mencabut sekering EFI selama 30 detik seperti pada kendaraan keluaran Toyota.

Pada Nissan, khususnya yang sudah mengadopsi teknologi drive by wire, ada cara unik yang sama sekali tidak membutuhkan alat.

 
Yuk kita simak cara reset ECU Nissan yang dipraktekan pada Nissan Grand Livina. Oh iya jangan lupa untuk mengendarai kendaraan  sesuai dengan kebiasaan. Jangan juga terlalu lambat karena ECU akan mempelajari driving habit pemilik kendaraan. • (otomotifnet.com)

Nissan Grand Livina
autobild.co.id
Nissan Grand Livina

Langkah pertama pastikan mesin kendaraan tidak dalam kondisi hidup. Lalu putar kunci kontak pada posisi On dan tunggu selama 3 detik.

Nissan Grand Livina
autobild.co.id
Nissan Grand Livina

Tekan pedal gas hingga mentok dan angkat kaki dari pedal gas sebanyak 5 kali. Lakukan prosedur ini dengan cepat. Kemudian  hitung sampai 10 detik, kemudian tekan full pedal gas.

Nissan Grand Livina
autobild.co.id
Nissan Grand Livina

Lanjutkan dengan menghitung hingga 12 detik. Kemudian lampu check engine akan mulai berkedip. Saat mulai berkedip, angkat kaki dari pedal gas.

Nissan Grand Livina
autobild.co.id
Nissan Grand Livina

Hitung sampai 10 detik, kemudian injak full pedal gas. Lalu hitung lagi hingga 10 detik, setelah itu angkat kaki dari pedal gas.

Nissan Grand Livina
autobild.co.id
Nissan Grand Livina

Kemudian putar kunci kontak ke posisi Off. Lalu putar lagi ke posisi On dan hidupkan mesin. Proses reset sudah selesai. Selamat mencoba.

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa