Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin LED Bar Belakang Honda Mobilio

Otomotifnet - Kamis, 25 Juni 2015 | 11:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Belakangan ini banyak desain lampu belakang mobil yang mengadopsi model LED bar. Contoh pada Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport. Nah bagaimana kalau dipasang di Honda Mobilio?

Nah, beberapa mobil komunitas Honda Mobilio Indonesia Community (MOBILITY) sudah memakai LED bar di reflektor bagasi. “Reflektor yang berada di pintu bagasi bisa diakalin kok,” ujar Fauzie, member MOBILITY yang telah pakai LED bar.

Dengan bantuan toko Golden Mars, spesialis custom lampu, reflektor belakang Mobilio milik Fauzie dan beberapa rekannya dimodifikasi. “Kami menawarkan beberapa model bar dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda, jadi lama pengerjaan tergantung model yang dipesan,” ujar Jimin, pemilik Golden Mars.

Pemasangannya plug and play, karena reflektor lampu yang akan di-custom masih menggunakan bawaan dan tidak merusak bodi. Bicara harga, dibanderol Rp 400–800 ribu. Bagaimana proses pemasangannya, diterangkan di bawah. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption


1. Copot door trim bagasi, dengan cara mencongkel dengan perlahan 10 kancing pengait. Setelah itu buka baut lampu yang berjumlah satu di setiap sisinya.

No caption
No credit
No caption


2. Setelah lampu bagasi tercopot, lepas bagian belakang mika menggunakan cutter atau besi tipis yang dipanaskan secara perlahan. “Kalau enggak telaten mengerjakannya, reflektor bisa-bisa ikutan meleleh,” ujar Jimin.

No caption
No credit
No caption


3. Ampelas reflektor bawaan dengan ampelas 1.500 sampai berwarna hitam. Lalu beri kelir hitam reflektor dengan cat semprot tahan Aplikasi X-bar di Honda Brio panas. Sekarang siap untuk menata akrilik yang akan membentuk LED bar. Lantas tempel LED di bawah akriliknya.



4. Sekarang lampu siap dipasang kembali ke pintu bagasi. Untuk bagian yang menyala bareng lampu senja, power diambil dari kabel lampu nomor polisi. Kalau bagian yang menyala dengan lampu rem, disambung ke kabel lampu rem belakang.

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa