Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Atasi Suzuki Karimun Wagon Bau, Karena Kabin Bukan Tempat Sampah

Otomotifnet - Rabu, 17 Juni 2015 | 17:04 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Seorang rekan mengeluh mengenai hembusan AC di Suzuki Karimun Wagon R bau pesing ketika pagi hari. Padahal, usia kendaraan baru berusia 1 tahun lebih sedikit dan menempuh jarak 22 ribu kilometer. Untuk mengatasi awal, ketika AC pertama dihidupkan, semua kaca dibuka penuh.

Setelah sudah mulai tidak berbau, baru ditutup. Namun ini menyimpan masalah, yakni partikel-partikel debu bisa masuk kabin. "Sebenarnya, kejadian ini bisa menimpa semua pengguna mobil. Ada yang bau pesing, bau apek, bau lembab.

Biasanya karena kabin kotor atau suka membawa barang yang bau menyengat," sebut Tanto, mekanik dari bengkel Sejuk AC yang berlokasi di Jl. Pos Pengumben Raya, Jakbar. Ingat, kabin bukan tempat sampah, jadi bawa turun dari kabin semua barang yang berbau.

Soalnya AC memanfaatkan udara kabin, terutama dari bagian kaki, untuk dijadikan hembusan hawa dingin. Sebab itu, kabin sebaiknya selalu dalam keadaan bersih. Bau ini bisa juga menyerang kendaraan yang dilengkapi dengan selektor AC mengenai pasokan udara dari luar. Udara luar yang sangat kotor, potensi menjadikan hembusan AC berbau.

Untuk menghilangkan bau tersebut, Tanto dan Adi, dari bengkel yang sama punya caranya. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption


Bagi kendaraan yang sudah dilengkapi filter kabin seperti Suzuki Karimun Wagon R, lebih baik periksa komponen ini terlebih dahulu. Biasanya sudah sangat kotor sehingga kotoran yang ada di filter terdorong oleh udara sirkulasi dan menyebabkan bau. Ganti jika sudah terlalu kotor. Caranya dengan membuka laci dan pegangan yang ada. Filter yang kotor juga membuat embusan AC jadi melemah. Untuk LCGC asal Suzuki ini, melepas filter kabin tidak terlalu mudah.

No caption
No credit
No caption


Sekaligus juga lepaskan blower serta evaporator yang ada. Di Karimun Wagon R dengan membuka 5 baut pakai kunci ukuran 10 dan gunakan kunci T.

No caption
No credit
No caption


Jangan lupa juga membuka soket-soket yang ada. Seperti soket resistor AC dan soket evaporator. Hati-hati jangan asal tarik, karena bisa putus.

No caption
No credit
No caption


Setelah terlepas semuanya, cuci bersih komponen yang ada. Hati-hati, resistor tidak boleh terkena air karena bisa terjadi korslet. Untuk evaporator, hilangkan kotoran dengan disemprot air. Atau bisa juga direndam air. Supaya menghilangan bau tak sedap, bisa campurkan pewangi pakaian pada air rendaman. Sesi merendam pakai pewangi ini menjadi salah satu cara dari bengkel Sejuk AC. Evap yang kotor bahkan berlendir bisa juga menyebabkan bau pesing atau apek hadir di kabin. Ini biasanya karena filter kabin yang sudah sangat kotor, sehingga kotoran langsung hinggap ke evaporator.



Untuk memaksimalkan AC, jangan lupa juga mencuci kondensor. Semprot bagian belakang terlebih dahulu untuk mengeluarkan kotoran yang ada. Kegiatan ini bisa dilakukan juga sambil mencuci mobil. "Semprot bagian depan saja supaya bersih itu sudah membantu," sebut Tanto.

Setelah semua dibersihkan rangkai kembali dan coba hidupkan AC. Embusan sudah tidak lagi berbau pesing dan apek. Bagi yang enggan mengerjakan sendiri, bengkel Sejuk AC mematok ongkos servis sebesar Rp 600 ribu dan filter kabin berkisar Rp 200 ribu.

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa