Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Jenis Kaca Panoramic Roof

Selasa, 9 Juni 2015 | 18:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Lifestyle kini seolah merekomendasikan mobil-mobil baru untuk menawarkan fitur panoramic roof pada mobil. Namun, hampir setengah atap mobil menggunakan material kaca tentu riskan. Lalu bagaimana agar tetap aman? Kenali jenis kaca untuk panoramic roof.

Dilansir situs resmi Toyota (9/6) hingga kini, panoramic roof menggunakan dua jenis kaca yakni tempered dan laminated. Kedua jenis kaca ini memiliki karakter yang berbeda dalam memberikan perlindungan terhadap pengendara dan penumpang mobil. 

Kaca laminated pada panoramic roof merupakan panduan 2 kaca yang mengapit PVB (Poly Viny l Butyral) dengan ketebalan rata-rata 0.76 cm. Sementara ketebalan dari kedua lapisan kaca ini masing-masing 2 mm. 

Lapisan PVB dijadikan pengikat kedua lapisan kaca dan ada pula yang dijadikan sebagai penguat dari kaca itu sendiri. Meski tanpa lapisan PVB, kekuatan masing-masing lapisan akan sama saja dengan kaca biasa. 

Kaca jenis laminated digunakan pada bagian kaca depan mobil. Jenis kaca ini akan mampu meredam benturan dan menjaga lapisan sulit ditembus. 

Keuntungan dari kaca laminated adalah sifat pecah kaca yang tak akan menghambat visibilitas. Jika pecah, kaca ini hanya akan retak bergaris dan bukannya berbentuk seperti butiran jagung. 

Sedangkan kaca tempered digunakan pada sisi mobil belakang dan memiliki kekuatan 5 kali lebih kuat dibandingkan jenis laminated. Kaca tak akan pecah dipukul benda keras dan hanya memantulkan pemukul tersebut. Namun kaca akan pecah jika dihantam benda tajam sedalam 1/6 dari ketebalannya.

Nah, gak usah ragu lagi mengoptimalkan fitur panoramic roof di mobil anda ya. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa