Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersihkan Switch Electric Seat Hyundai Sonata

Otomotifnet - Kamis, 30 April 2015 | 15:06 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Mempunyai berbagai fitur yang canggih memang menyenangkan, seperti head unit layar sentuh yang memudahkan pengoperasian, tombol start/stop engine hingga electric seat yang membuat gerakan jok lebih fleksibel. Sayangnya, kecanggihan kadang membuat bingung ketika terjadi kerusakan.

Contoh saat OTOMOTIF menaiki Hyundai Sonata keluaran 2011 yang memiliki fitur electric seat di jok pengemudi. Saat parkir, sandaran jok sengaja direbahkan hingga mentok ke bawah. Sialnya ketika ingin berjalan lagi, posisi jok tidak bisa dinaikkan kembali meskipun switch sudah dipencet berkali-kali.

Nah, kalau sempat mengalami, tidak usah panik dulu karena solusinya ternyata cukup mudah. "Biasanya tidak usah sampai diganti motor elektrik atau switch-nya, cukup dibersihkan saja," ujar Andri Khairul, Service Advisor Hyundai Pondok Indah.

Supaya bisa melakukan sendiri atau untuk tindak pencegahan, yuk simak dan ikuti langkah-langkah membersihkan switch electric seat Hyundai Sonata 2011. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption


Sebelum membuka cover switch electric seat, ada 2 baut yang perlu dibuka. Posisinya di bagian bawah kiri cover depan jok pengemudi, lalu cover depan dapat dibuka dan baut untuk membuka cover samping akan terlihat di ujung kanan

No caption
No credit
No caption


Setelah kedua baut terbuka, cover samping ditarik, namun jangan lupa melepas kabel penyambung switch ke motor elektrik pada jok

No caption
No credit
No caption


Kemudian dudukan rangkaian elektronik switch akan terlihat di belakang cover samping yang baru saja dilepas. Terdapat 3 baut yang menutupi, tetapi cukup membuka yang ada di tengah saja untuk dapat membukanya

No caption
No credit
No caption


Setelah rangkaian elektronik terbuka, maka akan terlihat terdapat beberapa korosi atau karat yang sudah menjamur pada papan IC. "Ini menjadi penyebab macetnya switch, karena ada arus yang terhambat disampaikan dari rangkaian elektronik ke motor elektrik. Cukup dibersihkan saja menggunakan kertas amplas, atau cairan pembersih dan dengan sikat halus," jelas Komarudin, mekanik Hyundai Pondok Indah.

Sebelum ditutup kembali, pastikan masing)masing Switch sudah bekerja dengan baik dahulu



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa