Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Radiator Koyorad, Punya Lebih dari 3.500 Jenis

Otomotifnet - Senin, 13 April 2015 | 07:06 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Nama Koyorad sebagai pembuat radiator tak perlu disangsikan lagi. Lama terkenal dengan ragam produk untuk varian racing alias kendaraan balap. Siapa sangka, produk yang satu ini sudah diproduksi di Indonesia sejak 1994 loh.

Kini tak hanya untuk mesin balap bertenaga besar saja, Koyorad punya setidaknya 3.500 part number yang cocok dengan beragam jenis mobil di Tanah Air. “Memang untuk beberapa kendaraan rakitan lokal seperti Suzuki Carry atau Kijang Super, kami tidak menyediakan.

Tapi hampir semua mobil rakitan global yang di luar negeri juga ada. Kami pasti punya radiatornya,” papar Fendy Wong, Direktur PT Autokooling Jaya Nusantara sebagai distributor resmi Koyorad di Indonesia.

Seiring usia pemakaian, artinya banyak sekali besutan dream car back to 90’s yang butuh radiator pengganti, kini tak perlu pusing lagi mencari radiator aftermarket-nya. “Kelebihannya, Koyorad menggunakan bahan plastik PA66 untuk tangki atas radiator,” sambung Fendy lagi.

Menggunakan campuran polyamide (nylon 6,6) dan fiber hingga 33%, material ini diklaim lebih kuat menahan tekanan panas air radiator saat di suhu kerja. “Karena dibuat di pabrik, ketebalan seluruh bagian tangki rata 3,5 mm,” ujar ayah dua buah hati ini. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Contoh radiator untuk Mitsubishi Lancer generasi CK4 lansiran 1990-an akhir, untuk varian bertransmisi otomatis dilepas dengan harga Rp 1,9 juta sementara radiator untuk Lancer bertransmisi manual di kisaran Rp 1,8 juta.

No caption
No credit
No caption

Enaknya, karena memang dibuat sesuai standar OEM, jadi seperangkat radiator ini sudah tinggal pasang dan isi air, karena seluruh penguncinya sudah disediakan berikut mur.

No caption
No credit
No caption


Bahkan khusus untuk radiator milik Toyota Great Corolla, pemiliknya benar-benar tinggal pasang karena sudah dilengkapi tutup radiator.

No caption
No credit
No caption

Karena sudah difabrikasi sendiri sesuai standar OEM, seluruh material tangki atas radiator Koyorad memiliki ketebalan seragam hingga 3,5 mm. Material plastik campuran polyamide (nylon 6,6) dan fiber hingga 33%, membuat PT AJN berani memberikan garansi untuk radiator ini hingga 1 tahun.

Tak hanya untuk ragam jenis mesin atau radiator standar, Koyorad malah lebih dikenal dengan ragam produk untuk balap. “Yang lagi ramai sekarang untuk Honda Civic Genio atau Estilo,” sambung pria yang tergabung di komunitas White Car Indonesia ini. Karena harus bekerja ekstra-keras, artinya seluruh bagian radiator seharga kisaran
Rp 4 jutaan ini harus dibuat dari bahan kombinasi alumunium. Tak hanya itu, radiator jenis ini punya ketebalan bodi hingga 36 mm, terdiri dari 2 ply jalur air.


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa