Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nuvolks Solo Chapter Pakai PnP Nyaris 30 DK

Otomotifnet - Sabtu, 4 April 2015 | 16:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Solo
- Ini yang dilakukan beberapa warga Nuvolks Solo Chapter (NSC) yang eksis mulai Oktober 2014 silam, yang menggunakan VW Golf TSI 1.4. Seorang member-nya bernama Didi, pengusaha asal Solo tersebut tergoda untuk mendongkrak performa secara instan.

No caption
No credit
No caption

Begini nih bentuk barang yang bisa upgrade performa Golf TSI kesayangan. Sudah socket to socket, jadi tinggal tancap dan sisanya fine tuning. Harganya Rp 8,5 juta, termasuk instalasi.


Nah dongkrak-mendongkrak performa begini malah disambut baik rekan-rekannya di NSC. Apalagi, ada Sony Wibisono. Sosok ini dikenal OTOMOTIF sebagai pengurus NSC dan pengelola bengkel MG Autoservice.

No caption
No credit
No caption

Soket utama yang besar dicolok ke Race Chip. Soket ini yang bertugas memanipulasi data dari soket intake dan boost turbo bawaan Golf TSI.


“Saya komporin pasang Race Chip Ultimate, itu tuh chip tunning PnP buatan Jerman yang sanggup dongkrak performa Golf TSI secara instan,” kekeh pria asli Solo ini. Apalagi berdasar info tak hanya Didi yang tergoda, sebelumnya malah ada warga NSC seperti Hengky, Gigih, Wundi, Munir dan Hans yang juga menggunakan tipe Golf yang sama, TSI 1.4, juga mengaplikasi Race Chip Ultimate.

No caption
No credit
No caption

Next pasang kabel dari Race Chip ke sensor intake dan boost turbo. Perhatikan saat memasang, jangan sampai tangan terkena panas mesin. Sebaiknya kerjakan ketika mesin masih dingin.


Singkatnya, komponen yang berfungsi sebagai manipulasi data ke ECU ini, peruntukannya memang untuk mesin bensin yang sudah dilengkapi turbo. Makanya, proses pasangnya cukup mudah. Saat ditebus, dalam kardusnya sudah dilengkapi 5 soket yang tinggal dicolok sesuai petunjuk. Soket utama yang besar ke Race Chip.

No caption
No credit
No caption

Posisikan Race Chip sedekat mungkin dengan aki. Eratkan dengan isolasi atau double tape, lalu bisa ganjal dengan busa agar tidak mudah berubah-ubah.

Lalu ada 4 colokan lagi yang berbeda warna. Yakni soket berwarna abu-abu dan hitam. Nah soket yang abu-abu masuk ke soket boost turbo (posisinya sebelah kiri bawah puli tensioner). Sedangkan soket kabel abu-abu satunya lagi ke intake injeksi (posisinya di depan firewall). Lantas kabel asli, yang tadinya tertancap ke boost turbo dan intake injeksi, dikoneksikan dengan soket warna hitam kabel Race Chip.

Hasil dyno menunjukkan peningkatan tenaga hingga 28 dk on wheel, alias jadi 176 dk.


“Kalau sudah terpasang tinggal melakukan setingan. Istilahnya fine tuning, beres. Prosesnya paling lama cuma sejam dan ada garansinya setahun. Berdasar persentase tenaga bertambah sekitar 25%-30% dari normalnya. Dan konsumsi bbm lebih irit sekitar 10%-15%,” urai Sony sembari nunjukin cara pasangnya, yang tak perlu memotong kabel.

Buktinya, lihat saja tabel data ketika sebelum dan sudah ter-install Race Chip dan on wheel di dyno test. Tertarik? Kontak Sony di nomor hape 0818-04506274. • (otomotifnet.com)


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa