Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perlengkapan Saat Hujan Yang Harus ada di Mobil

Otomotifnet - Rabu, 18 Februari 2015 | 07:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bisa digunakan saat kondisi darurat sekaligus membuat nyaman perjalanan


Jakarta - Memasuki musim penghujan, tidak hanya para pengendara motor saja yang wajib sedia peralatan anti air untuk menerjang hujan di jalan. Para pengendara mobil juga perlu mempunyai bawaan wajib saat musim hujan seperti saat ini.

Sebagai pakar safety riding, Bintarto Agung (IDDC) dan Anggota Club FD Squash Indonesia membenarkan. “Meski mengunakan mobil, para pengendara juga harus tetap sedia peralatan atau aksesori untuk meminimalisir basah karena hujan, ungkapnya” . Adapun barang wajib para pengendara roda empat adalah • (otomotifbet.com)

No caption
No credit
No caption


1.Payung

Bawaan wajib pengendara roda 4 saat hujan itu paying. Biasanya saat turun dari mobil payung itu sangat berguna sekali. Namun untuk penempatan payung sendiri tidak bisa sembarangan. “Payung harus diletakkan di kabin kendaraan bagian belakang agar tidak menganggu pengendara,” ucap Tato, panggilan akrab President Director IDDC ini.

No caption
No credit
No caption


2.Jas Hujan

Jas hujan sangat berguna untuk mengurangi tubuh terkena hujan saat harus menuju atau meninggalkan kendaraan. “Untuk jas hujan, sebaiknya menggunakan yang model jaket dan terusan karena akan lebih nyaman dan tidak menganggu kemampuan gerak,” sambungnya. Berguna juga saat kondisi darurat seperti mengganti ban akibat ban kempis atau lainya. Akan lebih mudah bergerak ketimbang harus memegangi payung.

No caption
No credit
No caption


3.Sandal

Sandal berguna untuk menggantikan sepatu agar tidak basah atau kotor saat turun kendaraan ketika hujan. Jika menggunakan sandal, sepatu akan tetap kering sehingga bisa dipakai kembali. Kalau sepatu basah, saat digunakan untuk mengemudi tentu jadi kurang nyaman. Selain itu bisa bikin selip saat menginjak pedal karena licin.



4.Kanebo atau Lap

Kanebo atau lap berguna untuk membersihkan kendaraan yang digunakan ketika hujan sudah reda. Mencegah jamur di kaca dan bodi mobil. Selain itu bisa digunakan untuk mengelap kaca bagian dalam untuk menghilangkan kabut jika AC tidak dingin. ”Kalo gue si wajib banget bawa Kanebo, biar kalau hujan udah berhenti bisa langsung gue lap,” ungkap Satrya Aditya (Adit), Anggota Club FD Squad Indonesia.

5.Baju Ganti

Jaket atau baju ganti perlu dibawa saat hujan karena bila sewaktu-waktu pakaian yang digunakan basah atau kusut. “Bawa baju ganti buat kalau harus ketemu orang dan pakaian kita udah berantakan karena hujan, ya minimal jaket buat nutupin baju yang berantakan,” pungkas Adit. Selain itu untuk mencegah masuk angin, bisa sakit bro.

Dari beberapa bawaan wajib yang sudah disebutkan tadi, perlengkapan tersebut harus diletakkan sebisa mungkin di dalam wadah. Diletakkan di lokasi yang tidak mengganggu konsentrasi saat di jalan. Bisa di bagasi atau kabin belakang. “Sehingga tidak mengurangi konsentrasi, tidak nyaman, dan kurang fleksibel dalam bergerak,” tutup Tato.


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa