Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Auto Retract di Suzuki Karimun Wagon R, Bisa Pakai Remot

Otomotifnet - Rabu, 11 Februari 2015 | 19:03 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Pengaturan kaca spion standar Suzuki Karimun Wagon R tipe GL standarnya masih manual, oleh Roy Turang diubah jadi elektrik seperti yang telah ditulis di OTOMOTIF edisi 35:XXIV. Ternyata pria yang biasa disapa Binyo ini belum puas, kini sekalian ditambah auto retract, bahkan bisa pakai remote.

No caption
No credit
No caption

Spion melipat bareng central lock, sekalian jadi indikator deh pintu telah dikunci atau belum


“Penting banget pakai auto retract, saat masuk gang jadi tinggal pencet tanpa perlu buka kaca untuk melipat spion,” terang Binyo yang doyan banget ngoprek ini. Bagaimana sih cara aplikasinya?
Menurut pria yang tinggal di Pondok Bambu, Jaktim ini yang diperlukan pertama tentu motornya.

No caption
No credit
No caption

Sisi dalamnya pakai motor milik Mazda2, ubahan sisi dalam terbilang minim


 “Yang cocok pakai milik Mazda2, hanya perlu sedikit ubahan untuk memasang di rumah spion Wagon R,” terangnya, sambil bilang pengerjaan bekerja sama dengan bengkel Ahmad Spion di kawasan Duren Sawit, Jaktim.

No caption
No credit
No caption

Sakelar di dalam menggunakan milik Avanza, dimensi cocok


Selain itu, yang diperlukan tentu panel sakelar. Kali ini Binyo pilih milik Toyota Avanza yang dimensinya pas dengan ruang yang ada di Wagon R, tepatnya di bawah setir sebelah kanan.  Kemudian biar lebih atraktif, auto retract ini juga disambungkan dengan remote central lock.

Lipat spion, sangat penting ketika berpapasan di jalan sempit


 “Sistemnya ikut central lock. Jadi saat central lock diaktifkan, otomatis spion ikut melipat. Nah kan sekalian bisa sebagai indikator pintu sudah terkunci atau belum,” papar pria keturunan Manado, Sulut ini. Agar bisa terhubung dengan central lock, diperlukan tambahan berupa retract module yang banyak dijual di pasaran.

“Total pengerjaan habis Rp 1,1 juta,” tutup Binyo. Enak nih atur kaca dan melipatnya tak perlu buka kaca lagi! • (otomotifnet.com)


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa