Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aliran Pelek OEM, Lebih Beragam dan Stylish

Dimas Pradopo - Minggu, 1 Februari 2015 | 16:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Pelek Toyota Harrier ganteng dipasang di Kijang Innova


Jakarta
- Modifikasi bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya menggunakan pelek standar milik mobil lain. Masih ingat tren pelek Audi nemplok di berbagai mobil? Atau pelek Honda Jazz GD8 versi VTEC yang berkelir bronze dan silver menjadi incaran. Sekarang ada lagi nih pelek yang jadi incaran modifikator.

No caption
No credit
No caption

Tetap stylish kan Toyota Yaris pakai pelek Altis


Tingkatkan Ukuran

Saat ini, begitu banyak mobil baru yang pelek standarnya sudah memiliki ukuran 16 inci bahkan lebih. Contoh, tengok saja Mazda CX-5 dengan pelek 19 inci dan Toyota Mark-X yang 18 inci. Pelek ukuran inilah yang banyak diincar sebagai pengganti.

No caption
No credit
No caption

Perhatikan offset ketika mengikuti aliran OEM ini


Ada beberapa varian yang peleknya menjadi incaran kaum modifikasi. “Seperti Honda Odyssey, All New Jazz, Mazda CX-5, Mitsubishi Outlander, Toyota Mark-X, All New Yaris dan Camry Hybrid,” jelas Yopi dari toko pelek SM di Jl. Panjang, Jakbar. Termasuk unit yang keberadaannya di Indonesia terbilang jarang, seperti Jeep Wrangler Sahara.



Beragam alasan dikemukakan saat memilih pelek OEM sebagai pengganti. "Paling utama karena untuk meningkatkan ukuran," sebut Dhimas Anantya dari bengkel bodi Mas O Menos di Jl. H. Nawi, Jaksel. Belum lagi, desainnya yang unik.

Kemudahan instalasi juga jadi alasan terbesar. "Pas dipasang tidak ubah apapun. Seperti pelek standar saja. Tapi tampilan jadi lebih kekar dan bantingan tetap enak," sebut M. Faiq Fachrany yang menggunakan pelek Toyota Harrier 2004 pada Kijang Innova miliknya.

Beberapa juga mengganti karena bobotnya enteng. "Selain enteng, pelek standar itu juga kuat," terang Roy yang mengadopsi pelek All New Toyota Yaris di Suzuki Karimun Wagon R miliknya.

Kelangkaan serta motif yang ditawarkan juga menjadi salah satu alasan pemilihan. Seperti penggunaan pelek Jeep Wrangler Sahara 8 spoke di Jeep Cherokee. Pelek Jeep lainnya yang sering dicari yakni milik Jeep Cherokee Sport. Pemilihan ini untuk ajang balap speed off-road, karena memiliki kekuatan untuk diajak ‘kerja keras'.

Harga Murah

Jika bicara harga, sebenarnya terhitung murah kalau dibanding aftermarket. Seperti milik Toyota Mark-X yang dibanderol sekitar Rp 12 juta berikut ban. Terhitung ‘murah' karena sudah berikut ban dan berukuran 18 inci. Bahkan Yopi pernah menjual milik Toyota Alphard Vellfire-R seharga Rp 30 juta.

Harga yang juga cukup mahal yakni milik Jeep Wrangler Sahara 8 spoke, dipatok paling murah Rp 10 juta. Itupun hanya pelek saja. Mahalnya karena barang yang cukup langka.

Mengenai kesesuaian antara mobil dan pelek, dikembalikan lagi kepada selera masing-masing. Sah saja jika Toyota Yaris menggunakan pelek Corolla Altis ukuran 16 inci, atau Daihatsu Luxio yang menggunakan pelek Honda Odyssey. Toyota Innova bisa dipasang milik Toyota Harrier atau Mark-X.

Ketika ingin mengikuti aliran pelek OEM ini, ada beberapa yang harus diperhatikan, terlebih jika tidak ingin repot. "Mudahnya, pilih saja yang PCD dan lubang bautnya sama. Atau ganti antar-satu merek," tambah Yopi.

Seperti Toyota Kijang Innova yang pakai pelek Harrier dan Mark-X, maka akan langsung plek. Tidak perlu mengubah PCD yang ukurannya 5 x114,3 atau juga melakukan penyesuaian center nok.

"Penting diperhatikan juga offset. Jangan sampai terlalu masuk atau keluar. Patokannya dari pelek standar, angka gantinya jangan terlalu banyak. Seperti di Suzuki Karimun, maksimal pakai yang offset-nya 51," tambah Roy. • (otomotifnet.com)

Jenis                                        Harga             PCD              Ukuran                Aplikasi
Toyota Altis                            Rp 4-5 juta     4x100              16 inci       T. Yaris, H. Jazz, H. Mobilio 
Toyota Mark-X                        Rp 12 juta      5x114,3           18 inci       T. Innova, D. Luxio
Toyota Harrier                        Rp 7 jutaan    5x114,3           17 inci       T. Innova
All New Toyota Yaris               Rp 4-5 juta     4x100             16 inci       S. Karimun, T. Agya, D. Ayla, H. Brio
All New Honda Jazz                Rp 4-5 juta     4x100             16 inci       H. Freed, H. Jazz, H. City
Honda Odyssey                     Rp 7 jutaan    5x114,3           17 inci       D. Luxio, D. Grand Max
Mitsubishi Outlander Sport    Rp 6 jutaan    5x114,3           17 inci       D. Terrios, T. Rush, S. APV
Mazda CX-5                           Rp 8 jutaan    5x114,3           19 inci       T. RAV 4, H. CR-V, M. Cronos
Jeep Cherokee Sport             Rp 5-7 jutaan  5x114,3          15 inci       J. Cherokee
Jeep Wrangler Sahara           Rp 10 jutaan   5x114,3          15 inci       J. Grand Cherokee



Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa