Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Spion Elektrik di Suzuki Karimun Wagon R

Dimas Pradopo - Senin, 12 Januari 2015 | 18:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Spion Suzuki Karimun Wagon R bawaannya sudah cakep, pakai rumah sehingga kesannya enggak murahan kendati LCGC. Namun sayang belum dilengkapi motor penggerak, sehingga untuk mengaturnya mesti buka kaca pintu dan ditekan pakai tangan. 

“Biar ngaturnya enak, pasang electric mirror deh, lagian rumahnya sudah dirancang bisa dipasangi motor, ada dudukannya. Jadi modal merombaknya enggak terlalu banyak,” kata Roy Turang, pemilik Wagon R tipe GL yang doyan ngoprek ini.

No caption
No credit
No caption


Sebelum pasang, pria yang biasa disapa Binyo ini memberi panduan barang yang mesti disiapkan. Pertama belanja motor penggerak, “Cocoknya pakai punya Suzuki Karimun Estilo, masing-masing spion butuh 2 untuk menggerakkan ke atas dan bawah, serta ke kanan dan kiri.” Kalau susah carinya, bisa beli assy spion Estilo di bengkel resmi Suzuki (gbr.1).

No caption
No credit
No caption


“Kedua, belanja switch pengaturnya (gbr.2), pilih yang pas dengan dudukannya saja. Pasangnya bisa di samping kanan laci bawah setir. Ini lupa nih milik Suzuki apa, hehee...,” kekeh Binyo yang warga Pondok Bambu, Jakarta Timur ini.

Untuk pemasangan, menurut Binyo lebih baik diserahkan pada spesialis electric mirror, karena pembongkaran spion butuh keahlian khusus. “Kalau enggak tahu celahnya, takutnya malah pecah,” wanti Binyo yang kerjasama dengan spesialis electric mirror di daerah Duren Sawit, Jaktim.

No caption
No credit
No caption


Urutan pertama adalah mencongkel kaca (gbr.3), karena ada baut di dalamnya. Nah kalau enggak tahu caranya bisa pecah tuh. Langkah berikutnya buka batok spion, dengan mencongkel celahnya (gbr.4). Ini juga harus hati-hati agar enggak pecah. 



Berikutnya tinggal pasang motor yang telah disiapkan, “Sudah ada dudukannya, jadi tinggal pasang saja,” lanjut Binyo yang habis Rp 1,2 juta untuk rombakan ini. Selanjutnya tinggal urut kabelnya dan sambungkan ke ACC dari kontak. 

Beres deh, sekarang kan enak atur spion tak perlu buka kaca lagi! • (otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa