Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penyebab Ban Kurang Angin, Cegah Menyelinap

Dimas Pradopo - Senin, 12 Januari 2015 | 08:04 WIB

Otomotifnet.com - Sebagai satu-satunya media kontak dengan aspal, ban menjadi komponen yang sangat penting. Kekuatan ban sendiri sebenarnya terletak pada tekanan angin yang pas.

Tanpa tekanan angin, maka ban juga tidak ada ‘taringnya'. Kecuali run flat tyre (RFT).

Nah, secara tidak disadari tekanan angin ini kerap kali berkurang. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan angin menyelinap keluar.

"Ini yang jarang disadari. Sebab kurangnya tekanan angin kadang tidak terlihat," sebut Adang Apandi, New Product Developmet Senior Manager PT Gajah Tunggal Tbk.

Menurut Adang, dalam keadaan normal dan ban tanpa masalah, tekanan angin ban akan tetap berkurang. Padahal, begitu tekanan angin berkurang. Efek jeleknya bisa membahayakan loh!

Misalkan saja dalam kondisi hujan yang kerap kali dijumpai belakangan ini. Ban yang kurang angin akan sangat sulit membelah air yang dilewati.

Hasilnya, kerap membuat aquaplaning, terlebih ketika kecepatan tinggi. Cermati beberapa kondisi yang bisa membuat tekanan angin berkurang, selain tertusuk paku atau benda lainnya. • 


1."Ban itu memiliki pori-pori yang sangat kecil. Tetap akan berkurang tekanannya," jelas Adang. Menurut Adang, penurunan tersebut memang tidak banyak, hanya berkisar 1 psi dalam kurun waktu 1 bulan.

Sedikit lebih tahan, gunakan angin nitrogen. Penurunannya lebih kecil dibanding angin biasa. Maka disarankan untuk selalu melakukan pengecekan tekanan angin paling tidak 1 bulan sekali.

2.Kerusakan pada pentil juga bisa menjadi penyebab tekanan angin berkurang. Biasanya disebabkan adanya celah yang cukup longgar untuk angin keluar.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa