Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mewarnai Dinding Ban Mobil, Gaya Nggak Harus Mahal

Dimas Pradopo - Rabu, 7 Januari 2015 | 13:05 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Rendy Wijaya teriinspirasi membangkitkan lagi teori sederhana tetapi eye catching ini. “Saya sempat pakai waktu ikut kontes di sebuah kampus, tapi waktu itu saya enggak menjual spidolnya,” kenangnya atas kontes modifikasi dua tahun lalu itu. Ide dasar membuat tulisan di wall ban sendiri diambilnya dari tampilan ban-ban mobil di balap Nascar. 

Hasil pulasan spidol, dapat bertahan tiga sampai empat bulan. Saat musim kemarau, ia meyakinkan bahwa warna mampu bertahan sampai 6 bulan. Ayah satu anak ini lalu menjelaskan spidol bermerek Toyo itu dianggapnya paling pas untuk menonjolkan detail pada ban. “Pilihan warnanya banyak, volume tinta (di pena spidol) juga banyak.” Volume pada ujung pena itu memudahkan saat memulas huruf di dinding ban. Spidol merek lain dianggapnya belum semaksimal buatan Toyo.

Dalam mewarnai merek ban, setidaknya untuk satu ban dibutukan satu buah spidol. Dipulas sampai tiga kali hingga dilihat pori-pori warna baru sudah tertutup. Ketika satu pulasan selesai biarkan dulu mengering paling tidak 30 menit. Untuk empat ban mobil seukuran Honda Jazz butuh empat spidol di luar spidol warna dasar. Volume cat dari empat spidol tadi menurut pria yang memasarkan spidol lewat akun Facebook bernama Sticker Sticker JDM Garage ini masih bisa jadi cadangan hingga 4 bulanan tadi.

“Kalau di mobil seperti Toyota Fortuner, paling enggak butuh spidol dua kali lebih banyak dibandingkan pada ban Honda Jazz yang dibesutnya.Satu hal yang jadi pertanyaan adalah ketika ban harus dicuci karena kotor. Rendy menyebut bahwa hal itu tetap bisa dilakukan seperti biasa. Termasuk menyikat ban. Hanya saja, untuk huruf-huruf yang sudah diwarnai dibilas saja pakai spons agar cat tidak terkikis.

Begitu juga kalau ingin ban disemir. Seputaran huruf yang sudah ada warnanya tadi disemir dengan kain agar tidak menyapu permukaan huruf. Untuk satu buah spidol, Rendy memberi harga Rp 45 ribu. “Yang pesan tidak hanya pemakai mobil, ada juga toko pelek yang pesan, termasuk beberapa pemakai motor besar,” sebutnya sambil mengaku sudah mendatangkan tak kurang dari 100 lusin spidol. • (otomomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa