Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Kaca Spion Kabin, Cembung Lebih Baik?

Dimas Pradopo - Minggu, 9 November 2014 | 09:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Terdapat banyak spion kabin tambahan. Harus cermat memilih dan pastikan keamanan jadi patokan penting

Jakarta - Pernah memperhatikan daya jangkau spion kabin standar? Jika dicermati, hanya melingkupi kaca belakang saja. Hanya mobil yang berada tepat di belakang, yang bisa dipantau. Untuk kendaraan yang berada di sisi kanan-kiri belakang, kurang bisa terlihat jelas.

Salah satu cara memperbaikinya yaitu menambah daya jangkau spion tersebut. Kali ini OTOMOTIF coba spion tambahan yang di kabin. Di pasaran ada beberapa merek. Pemasangannya sangat mudah. Tinggal klip dengan spion standar saja. Jika instalasi benar, maka tidak akan merusak spion standar.

Metode pengetesan yang dilakukan, melihat daya jangkaunya. Selain itu, simulasi juga dengan kondisi mobil berjalan. •(otomotifnet.com)


Hybrid Mirror 5000SR
No caption
No credit
No caption

Memiliki panjang 27 cm dan tinggi 7 cm. Percobaan dilakukan All New Toyota Avanza. Dibanding dengan spion standar, daya jangkau sudah bertambah.

Dengan spion standar, hanya kaca belakang dengan sandaran jok paling belakang saja terlihat sedikit. Setelah pakai spion ini, daya jangkau sampai kaca samping belakang.

Walaupun spion ini terlihat flat, namun sebenarnya cembung, hanya saja sudutnya terbilang kecil. Saat dipakai tes jalan, nyaris tidak ada perbedaan dibanding spion standar.
Harga Rp 139.000


Broadway
No caption
No credit
No caption

Panjang kaca spion ini 30 cm, sedangkan tingginya 7 cm. Perlu diperhatikan, spion ini tidak bisa dipasang pada spion standar yang memiliki tinggi lebih dari 8 cm atau kurang dari 5,5 cm.

Ini dikarenakan sang pengait tidak akan bisa terpasang. Untuk ‘memegang' dengan spion standar, terdapat klip yang bisa diatur ketinggiannya. Mencapai 30 cm, membuat daya pandang ke samping belakang jauh lebih maksimal. Daya pandang dari sisi pengemudi bahkan mencapai lebih dari pintu tengah.

Sehingga jika ada kendaraan yang berada tepat di samping kaca samping belakang, masih bisa terpantau dengan sangat baik. Demikian juga dengan kondisi di bangku baris kedua dan paling belakang.

Keunggulan lainnya, Broadway ini memiliki kaca berwarna biru. Sehingga jika siang hari tidak terlalu silau. Dapat pula meredam sinar lampu mobil belakang yang terkadang menyilaukan.

Sayangnya, untuk awal-awal penggunaan pengemudi akan sedikit kagok. Karena ekor mata akan sedikit terganggu dengan pandangan terhadap obyek-obyek tambahan yang tertangkap oleh spion ini. Selain itu, mesti hati-hati karena posisi obyek terlihat lebih jauh, padahal sebenarnya dekat.
Harga Rp 228.000


Carmate M40AC

Pada kemasannya tertulis sangat cocok bagi mobil sekelas All New Toyota Avanza, Nissan Grand Livina dan lainnya. Keterangan lainnya ada di balik kemasan. Meski hanya memiliki panjang 27 cm, namun tingginya mencapai 9 cm. Membuat spion tambahan ini mampu menampilkan obyek di belakang dengan lebih besar dan jelas.

Tidak terlalu cembung layaknya 5000SR, namun memiliki daya jangkau yang lebih baik. Selain itu, letak objek juga mendekati aslinya. Ketika diujicoba jalan, mata pengendara akan sedikit terganggu. Bukan dengan obyek yang tertangkap, namun dimensi spion tambahan yang lebih besar dibanding standarnya. Tapi, hal ini hanya sebentar saja.

Oh iya, bagi para wanita yang senang dandan di kabin, kaca spion ini sangat cocok lho. Jadi riasan wajah dapat tetap maksimal.
Harga Rp 145.000


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa