Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Power Outlet Tambahan, Tak Lagi Galau Kehilangan Daya

Senin, 17 November 2014 | 10:33 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Saat ini rasanya gadget telah ‘memperbudak' para pembaca. Benar enggak? Coba saja telaah, kemanapun pergi, smartphone akan selalu ditenteng. Bahkan ketika berkendara sekalipun, tak pernah dilupakan. Untuk menjaganya tetap menyala, jelas membutuhkan daya.

Mengandalkan standar mobil terkadang tidak pernah cukup. Anak, istri juga membutuhkan.

Sebab itu, kali ini OTOMOTIF mengetes beberapa power outlet tambahan.

Sebelum memutuskan untuk membeli, tingkat kewaspadaan tinggi harus juga dimiliki. Baca dengan benar setiap petunjuk yang ada di kemasan. Biasanya akan tercantum segala kemampuan dari produk tersebut.

Pertimbangkan juga material yang dipakai. Mudahnya, lihat saja dari kemasan. Jika terlihat kurang baik, lebih baik lupakan.

Sengaja dipilih yang memiliki berbagai keluaran supaya bisa menjangkau banyak pengguna. Baik itu yang menggunakan soket layaknya lighter dan juga media USB.

Pengetesan yang dilakukan berdasar pada fleksibilitas dari barang-barang tersebut, kemudahan dalam penggunaan serta kelengkapan yang ada. 

No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption






Table: Mesin Contoh :  Contoh Contoh :  Contoh Contoh :  Contoh Contoh :  Contoh Contoh :  Contoh Contoh :  Contoh Contoh :  Contoh Contoh :  Contoh Contoh :  Contoh Contoh :  Contoh Contoh :  Contoh

Pazio
Memiliki bentuk paling sederhana, hanya kotak saja. Power outlet tambahan juga ‘ringkas' karena hanya dua dan semuanya untuk charger. Tidak tersedia untuk lighter. Beban maksimal yang diperbolehkan 7 A.

Satu keunggulannya yakni memiliki kabel yang cukup panjang (100 cm) antara kepala soket dengan ‘rumah' power outlet tambahan. Ini menjadikannya paling fleksibel untuk penempatannya.
Harga Rp 74.500

*

Forgo
Barang ini memiliki dimensi yang cukup kecil. Untuk konektor ke lighter, dimensi colokannya lebih kecil, tapi tetap dapat masuk lubang lighter dengan baik.

Menggunakan kabel yang tidak terlalu panjang (48 cm) untuk menghubungkan dengan ‘rumah' bagi tiga power outlet tambahan. Kabel yang tidak terlalu panjang dimaksudkan supaya ‘rumah' tersebut dapat disimpan dimana saja yang lokasinya tidak mengganggu.

Tiga power outlet tambahan tersebut terdiri dari 2 lubang untuk charger dan satu lagi untuk lighter dengan arus 800 mA.

Sayangnya, Forgo ini tidak dilengkapi dengan colokan USB, sehingga murni memanfaatkan colokan layaknya lighter.

Selain itu, untuk sesuai dengan harga, material ‘rumah' harusnya bisa tampil lebih baik dan bagus lagi
Harga Rp 124.500
**

Wagan Tech
Salah satu kelebihannya memiliki panduan atau petunjuk pemasangan dan penggunaan dengan bahasa Indonesia. Sehingga, pemakai sangat dimudahkan.

Wagan Tech secara total memiliki 4 power outlet tambahan, dengan rincian 2 colokan USB, 1 untuk lighter dan 1 lagi untuk charger. Sayang yang disebutkan speknya cuma USB yaitu 5 V 2 A. Pada ‘rumah' yang berdimensi cukup besar ini terdapat lampu indikator untuk memastikan unit siap atau tidak.

Keunggulan lain, rumah atau soket yang ada bisa diposisikan 90 derajat. Sehingga berbagai lokasi penyimpanan sangat memungkinkan.

Pada rumah soket, terdapat kisi-kisi berlubang. Maksudnya untuk membuang panas yang dihasilkan ketika dipakai.

Di balik itu ada kelemahan juga. Seperti besarnya rumah power outlet tambahan membuatnya kurang fleksibel dalam penempatan. Lokasi yang diperlukan harus besar juga.

Tidak terdapatnya kabel tambahan sehingga unit Wagan Tech ini harus berada di dekat power outlet standar.
Harga Rp 129.000
****

Hypersonic USB & Triple Socket
Sesuai namanya, barang ini memiliki tambahan power 1 USB dan 3 lubang untuk charger, bukan lighter dengan arus maksimal mencapai 5 A (60 W). Bentuknya juga tergolong bagus di antara kontestan lain. Kotak sederhana dengan lampu berpendar jika digunakan.

Seperti juga Wagan, pada ‘kepala' soket ini bisa diputar 90 derajat.

Petunjuk dalam bahasa Indonesia terdapat di belakang kemasan. Sehingga sangat mudah dibaca ketika akan membeli.

Beberapa kekurangan yang ada di unit ini yakni, tidak ada media untuk lighter.

Selain itu, tidak terdapat kabel tambahan yang memungkinkan power outlet tambahan ini berada di kabin tengah atau belakang.

Harga Rp 98.900
***


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa