Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Hitung Manual Konsumsi Bahan Bakar Mobil

Selasa, 4 November 2014 | 12:04 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Mobil-mobil sekarang memang kebanyakan sudah dibekali MID pada spidometer, sehingga memudahkan untuk mengetahui berapa konsumsi bahan bakar mobil tersebut. Lalu bagaimana mobil yang belum dilengkapi MID?

Nggak usah khawatir, bisa menggunakan cara full to full, lalu diajak jalan sampai di kisaran 100 km. Nantinya, angka tripmeter dibagi total liter bensin yang diisi kembali. Kemudian isi kembali tangki.

Nah, banyak perbedaan metoda mengisi tangki. Maksudnya, proses mengisi dan BBM sudah menyentuh leher tangki, pasti pompa berhenti otomatis. Tinggal samakan saja persepsinya.

Bisa langsung stop isi BBM begitu pompa berhenti pertama kali, atau lanjutkan mengisi pelan-pelan sampai BBM benar-benar berhenti di bibir tangki. Yang penting, ketika mengisi pertama kali dan terakhir, prosesnya harus sama.

Hanya mesti diperhatikan kalau masih lanjut mengisi bensin. Soalnya uap dari dalam tangki yang akan menahan bensin masuk. Sama seperti radiator yang kemasukan udara. Pasti ada ruang kosong kan. Belum lagi, slang dari leher sampai tangki, cukup panjang. Rata-rata bisa diisi sampai 6 liter lebih, setelah pompa berhenti pertama.

Solusinya, bisa dengan mendiamkan kendaraan semalam suntuk, lalu isi kembali pada pagi hari. Pasti udara kosong sudah keluar semua. Hanya repotnya, mesti bawa bensin cadangan minimal 5 liter agar hasilnya tetap akurat. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa