Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jok untuk Difabel, Memudahkan, Tapi...

Kamis, 9 Oktober 2014 | 06:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Salah satu peserta Indonesia International Motor Show 2014 yang baru saja berakhir, adalah PT Hidup Berkat Rahmat Anugerah yang mengageni produk Autoadapt. Produk asal Swedia yang fokus pada perlengkapan untuk kaum difabel yang suka berkendara.

Salah satu produknya yang dipajang kemarin yaitu jok yang bisa naik-turun serta maju-mundur. Sehingga pengendara ataupun penumpang difabel tak perlu kesulitan saat akan naik atau turun dari mobilnya.

No caption
No credit
No caption


Kalau diperhatikan, ada 3 bagian utama dari jok khusus ini. Yaitu joknya sendiri, dudukan berisi rel yang terpasang ke lantai mobil, serta sebuah remote dengan pengaturnya.

Cara kerja dari jok Autoadapt tipe Turny ini sangat sederhana. Dari dalam mobil, maka jok akan berputar ke arah luar, kemudian akan keluar dan perlahan turun sampai mendekati tanah.

No caption
No credit
No caption


“Pengaturannya tinggal pencet remot, kecepatan turun atau naiknya bisa diatur mau seberapa cepet,” terang Celly Anggraeni, SPG yang jaga. “Jok ini bisa dipasang di mana saja, baik kursi pengemudi maupun penumpang depan atau belakang. Beban yang bisa ditanggung sampai 150 kg,“ imbuhnya.

Dudukan berikut rel nempel di lantai mobil.

Berapa harganya? Nah ini yang bikin kaget. “Kalau untuk mobil Hyundai dihargai 15.000 Dollar AS, sedang selain Hyundai 17.500 Dollar AS,” terang Celly.

Walah, seharga satu mobil baru tuh!


Pengaturan cukup pencet remote, tahan sampai naik atau turun.


Jok bisa turun sampai mendekati tanah, memudahkan pindah ke kursi roda.

Setelah di dalam mobil, pencet remote lagi untuk maju atau mundur.



Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa