Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakai Pertamina Dex, Diesel Modern Lebih Responsif dan Minim Getaran

Rabu, 1 Oktober 2014 | 15:08 WIB
No caption
No credit
No caption

Semua yang ikut OTOMOTIF Diesel Day 2014 beberapa waktu lalu, mengaku tarikan mobil responsif dan mesin sangat minim getaran. Selain rata-rata mobil yang dipakai dilengkapi mesin diesel terkini, pakai teknologi common-rail, juga efek dari pemakaian Pertamina Dex. Kok bisa? Yuk bedah sebabnya.

Solar nonsubsidi lansiran Pertamina ini jika dilihat speknya memang di atas solar bersubsidi. Pertama lihat dari kandungan Cetane Number, menurut Yanuar Budi Hartanto, Commercial Fuel Retail Marketing Manager PT. Pertamina (Persero), kandungannya minimal 53, sedang solar biasa hanya 48.

"Makin tinggi cetane number, mesin lebih bertenaga dan makin responsif karena titik nyala makin banyak, lalu detonasi mengecil sehingga mesin jadi lebih halus, cocok untuk mesin modern yang pakai common-rail," terang Tri Yuswidjajanto, dosen Teknik Mesin ITB.

Kandungan kedua yang beda yaitu sulfur. Menurut data dari Yanuar, Dex punya kandungan maksimal 300 ppm, sedang solar biasa mencapai 3.500 ppm. 

"Makin tinggi kandungan sulfur, maka harganya makin murah. Sulfur mengganggu kinerja catalytic converter, memperpendek usianya. Juga merusak komponen seperti pompa jika ketemu dengan air, mengakibatkan korosi," papar Yus, sapaan dosen ramah itu. 

Selain 2 kandungan utama di atas, Pertamina Dex juga dibekali beragam aditif yang tak dimiliki solar biasa. “Dex juga ditambah beragam aditif, yaitu demulsifier, detergency, corrotion inhibitor, lubricity dan antifoaming,” papar Yanuar.

Demulsifier fungsinya untuk menjaga kemurnian bahan bakar dari campuran air. Detergency untuk membersihkan mesin dari deposit karbon. Corrotion inhibitor sebagai pelindung antikarat. Lubricity tentu sebagai pelumas, dan antifoaming mencegah terjadinya buih yang dapat mengakibatkan suplai tersendat. • 

No caption
No credit
No caption

1.Cetane number tinggi, titik nyala makin banyak mesin lebih responsif

No caption
No credit
No caption

2.Pertamina Dex ramah terhadap catalytic converter, karena kandungan sulfur rendah

No caption
No credit
No caption

3.Dijamin saluran bahan bakar lebih bersih dan suplai lancar, karena Perta Dex mengandung beragam aditif


4.Selain mengisi langsung dari dispenser, tersedia kemasan jeriken di jaringan SPBU Pertamina

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa