Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Modif Stance dan Hellaflush? Cermati Dulu Trik Merawatnya

Kamis, 21 Agustus 2014 | 07:03 WIB
No caption
No credit
No caption

Setelah muncul aliran hella- flush, dunia modifikasi diramaikan juga dengan sebutan stance. Sepintas, gaya stance tidak berbeda dengan hellaflush. Bahkan cenderung mirip.

Stance itu bisa diibaratkan gaya hidup modifikasi. Tidak selalu berhubungan dengan gaya elegan dan ceper. Gaya racing pun ada yang disebut dengan stance.

"Intinya membuat kendaraan tampil manis dan proses mix and match berjalan dengan baik," ungkap Ferry Soehari punggawa Concept Motorsport di daerah Kelapa Gading, Jakut. Jadi tidak masalah dengan aliran modifikasi yang dianut. Selama itu sesuai maka bisa disebut stance. Intinya look nice and done properly.

Sedangkan hellaflush itu murni sebuah aliran modifikasi, walau beberapa menyebutnya juga sebagai stance. Tujuannya, hellaflush ingin mengejar fitment pelek dan ban, sedekat mungkin dengan sasis dan fender. Semakin dekat jarak pelek dengan fender atau sasis, semakin hellaflush.

Caranya, tentu harus pilih pelek dan ban dengan offset yang sesuai. Urusan fender, minimal bagian bibir di-roll atau dilipat. Sebisa mungkin tidak melakukan wide body. Karena sudah keluar dari rancangan pabrik.

"Kalau fender digembungkan dengan cara wide body atau fender flares tentu akan memudahkan fitment pelek dan ban," ujar Adrian Teowarang pemilik gerai pelek AT Design di bilangan Permata Buana, Jakbar.

Masih menurut Adrian, tantangan menjadi kurang jika berhasil menggunakan pelek lebar. Di sini skill para penjual pelek atau bagi kaum yang suka gonta ganti pelek akan terlihat, karena dapat memadu-padankan pelek, ban dan fender. Pemilihan offset, lebar pelek dan diameter harus tepat agar hasilnya sempurna.

Nah, yang namanya berubah dari kondisi standar, pasti ada konsekuensinya nih. Mau tampil down to earth dengan super negatif camber, memang butuh perjuangan.

Terpenting, jangan malas untuk lakukan pengecekan berkala sektor kaki-kaki ya bro. Simak cara pengecekannya bro.


No caption
No credit
No caption


1. Ban bagian dalam lebih cepat habis dikarenakan camber negatif. Perlu melakukan rotasi ban setidaknya sebulan sekali, agar daerah keausan ban jadi rata.

No caption
No credit
No caption


2. Periksa undercarriage kendaraan. Semisal tangki bahan bakar, tabung dan pipa knalpot, bahkan oil pan mesin atau transmisi juga rentan terhadap kerusakan akibat mentok atau bahkan menyangkut saat melintasi speed bump.

No caption
No credit
No caption


3. Fender juga bisa menjadi korban jika ban terlalu rapat. Biasanya cat akan mulai terbakar akibat panas yang dihasilkan dari gesekan. Kemudian disusul dengan terkelupasnya cat dan side wall ban yang habis. Rentan sobek karena struktur reinforced sudah terkikis.



4. Cek kaki-kaki lebih intens, karena kerja kaki-kaki menjadi tidak wajar. Sokbreker, karet support, ball joint, tie rod, sampai as roda beserta karet boot-nya. Bushing juga jangan luput dari pengecekan. Umur parts kaki-kaki menjadi lebih pendek, bahkan menggunakan spare part original tidak terlalu banyak menolong. Hanya berbeda umur pakai sedikit lebih panjang.(mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa