Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ragam LED Headlamp Stylis, TErang dan Hemat Listrik

Kamis, 4 September 2014 | 10:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Teknologi LED (Light Emitting Diode) terus berkembang sehingga pabrikan motor dan mobil banyak mengaplikasikan ke produknya sebagai perlengkapan standar. “Selain lebih hemat listrik, produk baru juga memiliki intensitas cahaya yang tetap sama dan lebih stylishI,” ujar Wira Sentosa yang sudah 5 tahunan bermain lampu LED custom.

Beberapa kendaraan yang sudah pasang antara lain, New Mazda2, All New Camry Hybrid, All New Honda Jazz RS, Lexus LS 600 dan yang terbaru di roda dua, yakni Honda Vario 110 FI.

No caption
No credit
No caption

-Arus listrik diubah ke DC, agar tetap stabil
-Merek Eco Vision Cree ada yang buat motor dan mobil

Selain dari pabrik yang melengkapi LED, tunggangan kesayangan juga bisa dipasangin, kok! Pasalnya, sekarang ini banyak gerai aksesori menjajakan peranti tersebut. Untuk harga bervariasi dari ratusan ribu hingga jutaan Rupiah.

Sebelumnya, memang ada yang menjual part aftermarket yang dilengkapi kipas di belakang lampunya. Tujuannya, agar LED bisa tahan lama dan tidak cepat panas. Daya yang dikeluarkan komponen terbilang kecil, sehingga aki dikendaraan jadi berumur panjang alias awet. “Kekurangan LED yang menggunakan kipas belum tentu bisa bertahan lama. Apalagi jika terkena cipratan air hujan atau lainnya,” jelas Wira.

Jika tidak menggunakan kipas, biasanya dilengkapi dengan heatsing aluminium sebagai pendingin. Contohnya LED yang berlabel Eco Vision ini. Punya kelebihan mampu bertahan sampai 3.000 jam.

No caption
No credit
No caption

Headlamp LED ada yang berikut kipas

“LED ini terlihat kecil, tapi bahan lampu dari Cree hanya 20 watt setara dengan 70 watt. Ini produk masih baru banget, harganya Rp 850 ribu (tipe lampu H11 dan HB4). Untuk lampu H4 dipatok Rp 1,050 juta,” lanjut pemilik SACS Speedlight di daerah Pondok Gede, Jaktim.

Lalu, ada model yang berbeda, tapi merek tetap sama. Kalau yang tadi menggunakan pelat tambahan agar pantulan cahaya lebih fokus. Produk berikut ini tanpa pelat dengan keunggulan fitur juga sama.

Sesuai dengan namanya, Moto LED dikhususkan untuk motor. Sehingga pemasangannya juga gampang. Fitur dari peranti ini terdapat tiga buah LED yang berbentuk segitiga. Akibatnya pancaran cahaya yang dikeluarkan bisa fokus ke jalanan.


Model LED segitiga cukup banyak yang pakai di roda dua

Daya yang dikeluarkan cukup kecil daripada bohlam standar motor. Hanya mengeluarkan tenaga listrik sebesar 10 watt (jarak dekat) dan high beam 15 watt. “Selain itu, di belakangnya juga terdapat heatsing yang menutupi kipas kecil agar LED tetap dingin,” jelas Rani, penjaga toko F16 Motor daerah Ciledug, Tangerang, Banten.

Untuk pemasangan LED, dibutuhkan arus listrik searah atau yang biasa disebut listrik DC. Tujuannya agar aliran listrik ke komponen itu tetap dan enggak berubah-ubah. Cara itu bisa diserahkan ke ahlinya. Kalau sudah mengerti, monggo boleh dipasang dan menebusnya seharga Rp 275 ribu.(mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa