Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Posisi Moncong Klakson Hella yang Benar

Minggu, 3 Agustus 2014 | 11:02 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta - Klakson mobil punya andil ketika kendaraan berada di jalanan. Suara yang ditimbulkan bisa sebagai isyarat atau tanda akan kehadiran kita, ingin menyalip atau keberadaan di samping. Hanya, kebanyakan mobil sekarang memiliki 1 unit klakson, seperti pada Suzuki Karimun Wagon R.

Sehingga, dengan  kepadatan lalu lintas yang tinggi ditambah suara bising dari knalpot motor, lengkingan klakson kadang tidak terdengar dan diacuhkan.

Hella mengeluarkan produk terbaru berbentuk keong dengan warna biru. Enaknya lagi tidak perlu pakai relay. "Ini disediakan bagi yang tidak mau repot pasang relay. Tinggal ganti klakson yang lama saja," sebut Wulandari, Marketing Sumber Berkat, pemegang merek Hella di Indonesia.

Coba kita ganti klakson pada LCGC tersebut tanpa harus melepas bumper dan gril.  Pada klakson Hella tersebut, terdapat dua unit dan dua soket, sedang di Karimun hanya satu. "Sebab itu kita harus bikin dua kabel positif yang dijadikan satu (gbr.1). Untuk menggabungkan keduanya," sebut Nanda, mahasiswa yang senang ngoprek di bengkel Pilar di Jl. Jatiasih, Bekasi.

Setelah itu, lepas soket klakson yang ada (gbr.2). Lanjutkan dengan melepas klakson dari lokasinya. Gunakan kunci pas 12 mm. Selanjutnya, pasang klakson Hella di lokasi tersebut. Atur posisi dengan sangat baik (gbr.3). Jangan sampai berbenturan dengan slang AC, serta hindari corong menghadap bawah, walau ini yang dianjurkan Hella.

OTOMOTIFNET menyebut demikian karena kebanyakan orang masih senang mencuci steam dari bawah. Dengan model cuci ini, potensi air masuk klakson sangat besar dan dapat mengganggu kinerjanya.

Kalau sudah terpasang, rangkai kabel-kabel tadi. Kabel positif tadi yang ujungnya menjadi satu dimasukkan ke soket asli klakson mobil. Kemudian pada ujung kabel positif lainnya yang ada dua kabel, dimasukkan ke masing-masing soket klakson Hella. Jangan lupa juga merangkai kabel negatif klakson. Gabungkan bisa langsung ke aki atau bodi.

Oh iya, untuk unit klakson lainnya, tempatkan saja di lokasi yang aman dari air. Salah satunya di atas sepatbor. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa