Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setel Rem Tangan Datsun GO+ Panca; Cukup 5 Tingkat

Rabu, 2 Juli 2014 | 11:30 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption


Jakarta - Desain hand brake atau emergency brake Datsun Go+ Panca cukup unik. Rasanya, baru Go+ Panca yang kembali menerapkan rem tangan model ini, selain beberapa kendaraan niaga. Selain butuh adaptasi agar terbiasa, mesti diingat juga nih cara setelnya ketika rem mulai terasa kendor.

Cara mengaktifkannya memang tinggal menarik tuas yang terletak di bawah dasbor. Pun begitu, untuk melepasnya tinggal memutar tuas ke atah kiri, lalu lepas agar kembali ke posisi semula. Nah, rem tangan model ini pun butuh penyetelan ketika posisi penguncinya sudah mulai ‘melar’. Dikarenakan tendensi dari kabel, seiring dengan seringnya penggunaan.

Normalnya kendaraan benar-benar mengunci pada tingkat ke tiga sampai lima. Namun jika pemilik kendaraan LCGC keluaran Datsun ini sudah perlu dilakukan penyetelan ulang, tidak perlu pusing. “Caranya cukup mudah dengan hanya bermodalkan kunci ring 10 mm,” terang Aim Suratna, mekanik OTOMOTIF Service Station (OSS) di Jl. Panjang No.8A, Jakbar.

Bicara soal perawatan, rem tangan kendaraan yang memiliki basic mesin mirip Nissan March ini tidaklah sulit. Untuk pengecekan kampas, sebaiknya serahkan ke bengkel resmi karena harus membuka teromol belakang.

“Periode pengecekan sama dengan kendaraan Nissan yang lainnya setiap 20 ribu km. Bagian yang perlu dicek tentunya kondisi kabel dan kampas rem tangan,” ujar Hendrawan, Kepala Bengkel Nissan Puri Indah, Jakbar. Selain dicek, tentu teromol turut dibersihkan dari debu.

OTOMOTIF yang dibantu OSS, praktek langsung dan memberikan panduan step by step buat penyetelan rem tangan Datsun Go+ Panca. Silahkan disimak.

No caption
No credit
No caption


1. Majukan jok depan kiri dan kanan supaya memudahkan akses penyetelan. Tarik ke belakang karpet penutup tempat setelan rem tangan.

No caption
No credit
No caption


2. Terlihat ada cover berbahan besi berwarna abu-abu. Tinggal tarik cover-nya ke arah belakang, supaya terlihat baut penyetelan rem tangan.

No caption
No credit
No caption


3. Masukan kunci ring 10 mm ke baut penyetelan. Cara menyetelnya cukup putar searah jarum jam untuk memperpendek jarak main. Sedangkan untuk memperpanjang jarak main, putar mur dengan arah anti-clockwise.



4. Lakukan pengecekan kinerja rem tangan apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan. Ingat, normalnya paling banyak 5 tingkat.


(Mobil.Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa