Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Tuning Box Race Chip pada BMW F30 328i

Kamis, 27 November 2014 | 15:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Produk asli Jerman ini sudah dirancang plug and play, lengkap dengan mapping yang sudah disesuaikan untuk kawasan Indonesia.

Jakarta - Saat ini, produk untuk upgrade performa semakin menjamur. Apalagi, banyak kendaraan masa kini yang sudah dilengkapi turbo sebagai perangkat standar. Tentunya, semakin mudah untuk dibuat lebih bertenaga.

Pastinya, data yang masuk pada ECU harus dimanipulasi untuk mendapat tenaga instan. Cara manipulasinya ada beragam, mulai dari pasang tuning box, piggyback, stand alone atau bahkan sekadar reflash ECU standar. Cara yang paling simple tentu menggunakan tuning box. Selain pemasangan mudah, juga prosedur setting yang user friendly.

Jenis tuning box yang beredar di pasaran terlebih dahulu adalah Speed-Buster. Nah, kali ini ada pesaing yang sama-sama keluaran Jerman yaitu Race Chip. Uniknya, produk ini dapat digunakan pada kendaraan berbahan bakar gasoline ataupun diesel.

“Jadi satu produk bisa semua kendaraan dengan mesin turbo,” terang Davin Elika, tuner Elika Performance di daerah Taman Sari, Jakbar. Kok bisa? Padahal kan harness tiap merek kendaraan tentu berbeda. “Tuning box-nya sama, tinggal ganti harness saja ketika dipindah ke kendaraan lain,” ujar pengguna VW Scirocco ini.

Harga Race Chip mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 10 jutaan. Terpenting, hanya kendaraan yang sudah pakai turbo saja yang dapat menggunakan produk ini. Jangan takut akan merusak garansi kendaraan, karena pemasangannya tanpa memotong kabel sama sekali dan juga jika ingin dikembalikan ke kondisi standar juga sangat mudah.  (mobil.otomotifnet.com)

 



No caption
No credit
No caption
Pastikan mesin dalam keadaan mati. Tunggu 10 menit sampai ECU stop bekerja. Kemudian, buka cover mesin dengan menggunakan obeng minus untuk memutar kunci cover, lalu tinggal tarik.


No caption
No credit
No caption
Ikuti petunjuk instalasi. Tinggal mecabut ketiga sensor yang akan dimanipulasi. By-pass dengan wiring yang sudah disediakan oleh Race Chip. Connect soket hingga terdengar bunyi klik. Pertanda soket sudah terkancing dengan sempurna.

No caption
No credit
No caption
Pemasangan mudah, cukup by-pass sensor-sensor yang digunakan. Setiap kendaraan berbeda-beda, khusus untuk BMW F30 328i di-connect ke sensor intake manifold, boost pressure sensor dan mass air flow sensor.

Untuk melakukan tuning juga cukup mudah. Bisa gunakan obeng minus kecil untuk memutar rotary map selector. Baiknya sambil dilakukan uji dyno untuk mengetahui berapa kenaikan tenaganya. Klaim pabrikan sanggup menghasilkan maksimal 30% dari tenaga standar. Tapi ini pun tergantung setelan yang sesuai masing-masing pengemudi ya.

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa