Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Head Up Display, Interior Jadi Canggih!

Kamis, 19 Juni 2014 | 07:04 WIB
No caption
No credit
No caption

Teknologi memang terus berkembang. Begitu pula untuk tampilan interior, yang semakin high technology. Bagi yang sudah nonton film Need For Speed, sudah enggak asing lagi melihat tampilan spidometer pada kaca depan bagian dalam.

Ya! Alat yang masuk di Indonesia kali ini, dinamakan Head Up Display (HUD). Berlabel TXS, spidometer digital ini akan menampilkan kecepatan, putaran mesin dan jam analog.

Selain itu, bagi mobil yang sudah terdapat temperatur oli dan air, tentunya akan ikut muncul pada HUD tersebut. Kok bisa?

"Tentunya bisa dong. Sumber listrik HUD, berasal dari OBD 2 yang terdapat pada masing-masing mobil. Jadi, segala macam display yang dideteksi oleh ECU, akan tampil pada HUD tersebut," ujar Vincent Sentosa dari SACS Speedglow.

Dimensinya pun minimalis, hanya berukuran 11x6,5 cm (pxl), dan dengan tebal 1,5 cm. Tentunya tidak akan menyita ruang yang besar, demi tampilan interior yang lebih menarik.

Untuk urusan harga, gerai di bilangan Pondok Gede, Jaktim ini, membanderol HUD seharga Rp 1,8 jutaan.

Cara pasangnya pun mudah, tidak perlu alat khusus, dan semuanya sudah tersaji di dalam kemasan HUD tersebut. Berikut OTOMOTIF memasangnya pada Honda Jazz RS lansiran 2008 dengan transmisi manual.

(mobil.otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption


1.Langkah pertama, sambungkan kabel OBD 2 menuju HUD. Pastikan kabel tersambung secara sempurna

No caption
No credit
No caption


2. Selanjutnya, koneksikan HUD pada OBD 2 yang terdapat pada mobil. Kali ini, untuk Jazz RS terdapat pada bagian bawah sebelah kiri pengemudi

No caption
No credit
No caption


3. Secara otomatis, HUD akan menyala. Tinggal letakkan di atas dasbor, sesuai dengan keinginan. Jangan lupa beri double tape, agar tidak terjatuh ataupun goyang

No caption
No credit
No caption


4. Jika tampilan angka pada kaca depan dirasa terlalu tipis atau kurang terlihat. Tambahkan kaca film berukuran 10 x 15 cm yang terdapat pada kemasan HUD. Kaca film ini berfungsi untuk menambah pantulan. Letakan kaca film pada area sesuai daya pandang masing-masing.



5. Sekarang, tampilan interior semakin canggih berkat penggunaan HUD. Sayangnya, pengaturan intensitas cahaya ataupun indikator yang akan ditampilkan tidak bisa diatur. Rasanya akan sedikit bingung ketika melihat seluruh angka yang terdapat pada pantulan kaca.

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa