Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penyebab Mobil Jalan Miring, Fokus Di Roda & Kaki-Kaki

Jumat, 13 Juni 2014 | 07:06 WIB

Kenyamanan saat trek lurus terkadang diganggu oleh problem setir ngebuang atau jalannya menjadi miring.

Hal ini paling terasa saat tangan lepas dari setir, lari mobil jadi seolah ngebuang ke kanan atau kiri.

Karena hal tersebut, otomatis kenyamanan jadi terganggu. Tenaga yang dibutuhkan tangan untuk menahan setir jadi lebih besar dan bisa menjadi cepat lelah. 

Lantas, darimanakah sumber masalah tersebut?

"Masalah setir ngebuang paling utama berasal dari sektor kaki-kaki, mulai dari suspensi sampai roda," jelas Dayat, owner Karya Per yang bermarkas di Pondok Bambu, Jaktim.

Faktor utama yang sering ditemukan yaitu kondisi ban sudah mulai menurun (gbr.1). Bisa karena tapak mulai botak atau kualitasnya yang kurang bagus.

Jangankan kondisi tapak ban. Pemakaian ban beda merek walau dengan ukuran yang sama, terkadang bisa membuat arah mobil ngebuang loh.

Jangan lupakan juga peranan wheel alignment dan balancing pada roda (gbr.2).

Baiknya lakukan pengecekan dan penyetelan setiap enam bulan sekali atau pada 10.000 km.

Wheel alignment dibutuhkan untuk menyamakan dudukan roda agar tetap dalam posisi standarnya. 

Sekalian proses ini, yang harus dicek juga yaitu sudut camber roda. Bisa saja, karena setelannya kurang minus, caster dan toe juga bisa sekalian dicek.

Kemudian perhatikan juga kondisi tie-rod dan long tie-rod. Jika sudah mulai aus, baiknya segera ganti baru agar tidak mengorbankan kenyamanan berkendara (gbr.3).

Setelah semua komponen kaki-kaki dan roda dicek. Hal sepele yang cukup berperan pada problem setir ngebuang atau jalan miring yaitu tekanan angin.

"Tekanan angin ban harus rutin dicek untuk memastikan ada dalam tekanan yang normal. Kalau salah satu ban kempes, otomatis jadi miring jalannya," ujar Edi Suhendi, Marketing & Technical Autopit yang berlokasi di Kalimalang, Jaktim (gbr.4).

Selebihnya, cukup dengan perawatan dan pengecekan rutin saja. Seperti merotasi ban agar karetnya habis dengan sempurna.

Selebihnya, apabila setir yang ngebuang terasa ketika rem diinjak. Artinya, salah satu kinerja rem ada yang macet. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa