Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Pasang Wiper Belakang Daihatsu Alya. Agya Juga Bisa, Lo

Minggu, 25 Mei 2014 | 11:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bandung - Pada mobil murah atau LCGC seperti Daihatsu Ayla belum ada penghapus kaca alias wiper. Ketika hujan lebat, pandangan ke belakang pun menjadi tidak maksimal. 

Nah, Ferry dari Beng Auto Bandung memberi jurus-jurus untuk memasang pada Ayla. Ini juga bisa dipraktikkan pada saudara Ayla, yakni Toyota Agya. Kalau yang malas mengerjakan sendiri, untuk anggota Club Ayla Indonesia dikenakan baiaya Rp1,5 juta, sedang untuk umum Rp2 juta.

Bagi yang mau mengerjakan sendiri persiapkan bahan-bahan, yakni motor penggerak wiper. Disarankan menggunakan punya Daihatsu Xenia atau Honda Jazz.
Begitu juga dengan penghapus (wipernya) aplikasi dari kedua merek tersebut, lalu tuas switch dari Xenia, dan kabel-kabel. 

Sebelum dikerjakan, perlu diperhatikan benar titik yang mau di bor di bodi.  “selain titik pengeboran perhatikan pula sudut kemiringan poros motor. Harus 

benar-benar pas!” tegas Ferry dari Beng Auto Bandung.
 
Ini langkah-langkah pengerjaannya:

No caption
No credit
No caption

1.Lubangi dinding pintu bagasi dengan mata bor berukuran 20mm. Titik bor yang disarankan adalah 3cm sebelah kanan emblem Daihatsu dan 5 cm di bawah batas  kaca belakang. “Ukuran ini tidak baku, asal pas dengan dudukan motor wiper,” ucap Ferry. 

No caption
No credit
No caption

2. Siapkan motor wiper, oleskan sill agar mencegah kebocoran. 

No caption
No credit
No caption

3. Pasang motor wiper, perhatikan putarannya agar tangkai wiper nanti pas dengan bidang kaca belakang. Jika sudah yakin kemiringannya kencangkan bautnya. (gambar : foto 5)

No caption
No credit
No caption

4. Gunakan karet tambahan yang dipotong menyudut, tujuannya agar bilah pisau pada tangkai wiper rapat dengan kemiringan bidang kaca belakang. 

5. Pasang tangkai wiper.

No caption
No credit
No caption

6. Urut kabel muatan dari motor wiper mengikuti jalur kabel lewat panel c. Jalur (+) akan disambungkan langsung ke aki, sementara jalur (-) akan dipasang di tuas switch wiper. 


No caption
No credit
No caption

7. Langkah berikutnya adalah mengganti tuas wiper standar dengan tuas wiper milik Xenia. Mulailah dengan membuka cover rumah setir. 


No caption
No credit
No caption

8. Kabel bawaan standar dipasang kembali di jalur pin 1 sampai 7 pada socket tuas wiper. Sementara pada pin 10 masukkan kabel dari motor penggerak wiper pada poin 6 di atas. (gambar : foto 13)

9. Pasang dan rapikan kembali cover rumah setir seperti semua, 



10. Penambahan washer bisa pula Anda lakukan dengan memanfaatkan pin 9 pada soket tuas wiper.

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa