Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Punya Waktu, Yuk Periksa Beberapa Komponen Toyota Etios Valco

Minggu, 25 Mei 2014 | 09:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Melakukan perawatan mobil, enggak melulu harus dilakukan di luar rumah. Tentunya, banyak hal yang bisa dilakukan sendiri, tanpa harus mampir ke bengkel langganan.

Seperti komunitas Toyota Etios Valco Club Indonesia (TEVCI) ini. Perawatan sederhana pada Toyota Etios Valco, dilakukan sendiri. Sebatas itu tidak terlalu memerlukan teknik yang berat.

"Terkadang hal kecil atau sepele seperti pengecekan air radiator, itu justru terlewat oleh pengendara. Tetapi, justru hal seperti itu yang penting untuk sehari-hari," ujar Rinto Herdiansyah, salah satu anggota dari TEVCI.

Berikut ini, OTOMOTIFNET akan mengilustrasikan beberapa komponen, yang tentunya dapat dicek sendiri. Mulai dari sumber kelistrikan, cairan fluida, sampai urusan eksterior pada Toyota Etios Valco lansiran 2012.

No caption
No credit
No caption

1. Jika terlihat kurang atau kosong sebaiknya ditambah. Bisa menggunakan air radiator aftermarket berwarna atau air bersih. "Kalau saya pakai air tampungan dari AC rumah. Yang notabene bagus karena pH nya rendah (potential of Hydrogen. pH merupakan ukuran konsentrasi ion hidrogen yang menunjukkan keasaman atau kebasaan suatu zat.)" paparnya.

No caption
No credit
No caption

2. Pengecekan rutin isi air wiper terkadang hal yang dianggap kecil dan jarang di perhatikan pengendara. Air wiper sangat di perlukan di jalan pada saat cuaca yang tidak menentu.

No caption
No credit
No caption

3. Membalik karet wiper belakang, ternyata menjadi solusi bagi TEVCI. Jika pada saat difungsikan, terdengar bunyi mendecit. Ini terkadang mengganggu saat kondisi menyetir. Sebenarnya dengan cara ini, dapat melakukannya sendiri di rumah atau di manapun saat diperlukan.

No caption
No credit
No caption

4. Menurut Rinto, banyak pengendara Etios saat ini yang jarang mendengarkan radio. Karena head unit OEM Etios dari Type E dan G sudah terdapat fasilitas USB dan SD Card. Tetapi dengan mengganti antena radio yang lebih pendek, akan menghindari patah atau rusaknya antena saat mobil dalam kondisi menggunakan cover.



5. Letak fuse kelistrikan untuk Etios Valco terdapat dibawah spidometer bagian tengah. cara membukanya pun mudah. cukup menarik topi spidometer, dilanjutkan membuka dua buah baut dibagian samping kiri dan kanan menggunakan obeng plus. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa