Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sedikit Sentuhan, Tenaga VW Golf Terdongkrak Lumayan

Rabu, 26 Maret 2014 | 09:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption



Jakarta - Sebagai hatchback Eropa, VW Golf TSI sudah bertenaga. Kalaupun ingin ditingkatkan lagi, tak harus menjejalkan komponen khusus pada jeroan mesin. Cukup dengan mengganti saringan udara berikut pipa intake-nya.

"Biasanya penggantian air filter hanya menambah tenaga sedikit tidak sampai 4 dk," terang Dalvin Kartawidjaja dari CK Motorsport, penjual racing parts Audi dan VW  di bilangan Jalan Panjang, Jakbar.

Ada produk dari Forge buatan Inggris yang dijual oleh pria berkacamata minus itu seharga Rp 6,5 juta. Dan Golf ini  dan silakan simak hasil uji dyno di atas dynamometer Dastek milik Rev Engineering yang bermarkas di Jl. Panjang, Jakbar.

"Produk ini tidak hanya untuk VW Golf TSI MK6 saja tetapi bisa diaplikasikan ke semua mesin VW TSI 1.4 Twincharger," ungkap Dalvin. Jadi, Tiguan bisa juga dong nih.


No caption
No credit
No caption

1). Finishing produknya sangat rapih. Pipanya sendiri terbuat dari alumunium yang dicat dengan powder coating. Sedangkan tabung air filter terbuat dari bahan carbon fiber

2). Pemasangan baiknya serahkan pada bengkel kepercayaan. Jika mau do it yourself, siapkan kunci L bintang ukuran T20 dan obeng plus. Pertama tentu lepas baut L bintang di bagian boks saringan udara. Lalu tinggal membuka klem yang berada di depan pipa throttle body.

3). Proses instalasi Forge dimulai dari memasang air duct, dudukannya sama persis dengan bawaan pabrik. Jika sudah terpasang, tinggal memasukan silicone hose Forge ke pipa throttle body dan kencangkan klem dengan obeng plus.

4). Demi akurasi, pengujian dilakukan 5 kali, masing-masing dalam kondisi air filter standar pabrik dan air filter kit dari Forge. Hasil yang di-print adalah tenaga dan torsi maksimum dari kedua kondisi


5). Lewat hasil uji dyno didapati hasil perubahan tenaga terjadi mulai putaran mesin 4000 rpm, puncak tenaga pada 6500 rpm dengan 235,3 dk. Jika kondisi standar mencapai 230,9 dk. Peningkatan tenaga paling banyak di 5500 rpm perbedaannya mencapai 6,5 dk. Untuk torsi puncak berada di 4500 rpm. Dengan Forge mencapai 291,4 Nm sedangkan kondisi standar hanya 284,8 Nm. (mobil.otomotifnet.com) 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa