Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Pengaman Mobil Punya Dua Sistem, Harga Terjangkau

Kamis, 30 Januari 2014 | 17:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Pencurian mobil - terutama untuk model-model populer - masih tinggi. Meski sudah dipasangi alarm, bahkan sampai mengganti kunci kontak sekalipun, tetap saja bisa raib. Rasanya, perlu menamb sistem pengaman yang - paling tidak - bisa memelarkan proses  pencuriannya.

Kebetulan,  PT Antika Jaya Utama yang punya produk antikarat cukup dikenal, yakni Tuff-Kote Dinol, menyodorkan kunci pengaman yang mereka namakan Locktech.

“Kunci pengaman ini berbeda karena menggunakan sistem penguncian ganda. Mengunci pedal dan memutuskan sistem kelistrikan pada starter,” ujar Nantaat Sadeq SE, MM, General Manager PT Antika Jaya Utama, produsen Locktech.


Bentuknya seperti tongkat rem tangan model tarik. Di ujung atas, terdapat tuas untuk menarik tongkat. Aplikasinya, dipasang menempel batang setir (gbr.1). Saat ditarik, bagian atas tongkat akan terkunci dan tidak bisa diturunkan kecuali dengan membuka kuncinya (gbr.2).

Ketika tuas ditarik, bagian bawah akan mengunci pedal rem dan kopling sehingga tidak bisa ditekan, kecuali pedal gas (gbr.3). Sudah begitu, mesin pun tak bisa dihidupkan lantaran Locktech terkunci dilengkapi pemutus arus.

Cara kerjanya, Locktech dilengkapi dengan 2 soket kabel (gbr.4). Kabel ini dihubungkan dengan soket di balik lubang kunci starter. Pemasangannya, dengan melepas soket yang terhubung ke starter mobil. Digantikan soket dari Locktech dan kabel yang sudah terlepas tadi, disambungkan dengan satu soket lainnya dari Locktech.

Jadi, arus yang masuk ke starter, pasti melewati Locktech. Makanya, meskipun starter dirusak. Jika Locktech tak terbuka, maka tetap saja mobil tak bisa di-starter.

Dan untuk membongkar anak kunci Locktech bukan perkara mudah. Material terbuat dari besi baja dengan berat 3 kg (gbr.5). “Selain itu, anak kuncinya tak bisa diduplikat. Makanya lebih aman,” tambah Sadeq, sapaan akrabnya.

Pemasangan kabel ke sistem kelistrikan mobil pun dibikin simpel. Cukup socket to socket. Sehingga tidak merusak atau memotong kabel. “Kami sudah menyiapkan untuk 23 jenis mobil yang berbeda. Mulai Toyota, Honda, Mazda, Suzuki maupun Daihatsu,” tambah Sadeq.

Sistem pengaman ganda ini tak hanya tersedia untuk mobil manual, tapi juga mobil bertransmisi otomatis. Semua tipe dan jenis mobil dipasarkan dengan satu harga, Rp 1,8 juta. (Mobil.Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa