Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Bohlam Lampu Kabut, Tapi Tidak Meleleh. Ini Triknya

Senin, 20 Januari 2014 | 18:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Barangkali, ada pemilik mobil pernah mengalami lampu kabutnya (fog lamp) bikin meleleh. Ini dikarenakan sudah mengaplikasi lampu HID yang memiliki daya lebih besar dari versi standarnya. Karenanya, hawa panas membuat FL meleleh.

Solusinya, saran Wira Santoso, pemilik SACS Speedglow di Pondok Gede, Jaktim, mengaplikasi lampu model LED, karena daya yang dikeluarkan lebih kecil dan hemat listrik alias tidak bikin aki tekor. Suku cadang aftermarket cukup beragam dan tinggal pasang.

Bagi yang ingin mengganti lampu kabut bisa memilih bohlam LED dan tersedia berikut reflektornya atau seperti orisinal. pemasangnannya gampang dan enggak perlu mengubah dudukan atau pegangan lainnya.

No caption
No credit
No caption

LED Cree
Ini produk dari Cina bertipe 5202 dengan tegangan hanya 24 watt. Di belakang lampu terdapat kipas sebagai pendingin dengnan daya 0,1 Amp. LED ini diaplikasi ke mobil Dodge Journey, Jeep Wrangler, Chevrolet Captiva dengan banderol Rp1,5 juta sepasang.

Untuk mobil yang lampu aslinya menggunakan tipe H11/H16 bisa langsung dipasang. Peranti yang dibanderol Rp1,8 juta ini bentuknya agak kerucut dan terdapat heat sing bermaterial aluminium sebagai pendingin. Contohnya, pada All New Toyota Avanza ataupu Veloz dan All New Daihatsu Xenia.





Lampu Kabut OEM
Tersedia untuk Nissan March, Toyota Altis, Vios, Avanza, Yaris, Innova, Honda Jazz S, Jazz RS, All New CR-V dan Stream. Harga mulai dari Rp850 ribu sampai Rp1,65 juta.
No caption
No credit
No caption

Tegangan komponen sangat kecil 0,5 sampai 3 watt. Kualitas FL LED kuat dan aman. Bagaimana cara memasangnya? Di sini diaplikasikan pada honda Jazz RS.

Pertama, lepas bumper depan. Setelah itu, lepas 4 kancing yang berada di tengah gril dan di bawahnya ada 5 kancing pengunci.

Kedua, lepas penutup FL segitiga dengan cara mendorong kancing ke depan dan masukkan FL LED tadi kebalikan dari membuka. Berikutnya, dorong kancing tersebut dan juga di belakangnya.

Ketiga, instalasi arus liastrik dari soket kabel FL LED warna merah ke positif kunci kontak (On) atau arus tumpangan air wiper, sedang kabel hitam disambung ke ground body. (Mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa