Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kaca Jendela Mobil Seret, Nih Cara Mengatasinya

Minggu, 29 Desember 2013 | 10:30 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Paling menyebalkan, saat mengemudi mobil dan hendak membuka kaca jendela untuk membayar tol. Ternyata, kaca gak bisa turun, kecuali harus dibantu dorongan ke bawah oleh tangan.

Itu pun masih sulit, sehingga harus membuka pintu. Ini bukan kesalahan teknis pada power window. Penyebabnya, ada penumpakan kotoran pada sela-sela karet kaca. Efeknya, pasti menghambat kelancaran turun-naik kaca jendela.

Selama ini, cara mengatasinya cukup disemprotkan cairan silikon. Tapi, kini ada cairan pembersih khusus power window. Seperti power window lubricant bikinan GetF1 bisa didapat di Toda, juga ada Holts dibanderol Rp38 ribu, dan Perma Glass cuma Rp41 ribu.

Cara pengnerjaannya sangat sederhana dan siapkan  sponge atau lap berbahan katun. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Turunkan setiap kaca yang ingin dibersihkan karetnya secara maksimal. Tujuannya, agar cairan power window dapat masuk secara merata ke celah saluran karet, diikuti pelumas menggunakan sponge atau kain.

2. Jika kaca sudah tidak bisa dibuka, tekan ke dalam sedikit saja. lalu, tuangkan  cairan pelumas power window pada setiap celah karet.

3. Setelah melakukan pelumasan pada seluruh celah karet, diamkan selama 12 jam atau dalam semalaman. Tujuannya agar pelumas merata dan menyerap ke dalam karet channel yang ditekan oleh kaca.

4. Terakhir, naik-turunkan kaca untuk melancarkan dan memastikan bahwa kaca sudah berfungsi dengan baik. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa