Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Komponen-komponen Pemicu Mobil Bergetar

Jumat, 27 Desember 2013 | 17:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Pernahkah Anda mengalami seperti ini ketika mengendarai mobil. Ketika melaju di atas 60 km/jam atau lebih, kendaraan terasa bergetar. Begitu pun (masih dengan kecepatan yang sama), saat penginjak pedal rem secara dalam.

Jika sudah mengalami hal seperti itu, sebaiknya langsung dibawa ke bengkel resmi atau umum yang dijamin pelayanannya. Bila didiamkan terus, bukan saja kenyamanan terusik, komponen lain akan jadi sasaran.

Menurut Iwan Abdurahman, Technical Section Head PT Toyota Astra Motor, pada dasarnya, semua komponen yang berputar bisa menimbulkan getaran jika tidak dibalance.

Lantas, apa saja yang membuat mobil bergetar? Nah, bila ada waktu besok, silakan cepat perbaiki
No caption
No credit
No caption

1. Mesin
Pincang saat jalan atau idle. Penyebabnya, bisa campuran bahan bakar dan udara tidak terbakar sempurna lantaran terlalu banyaknya suplai, bisa bensin atau udara. Untuk pengecekannya, bisa lihat busi atau koil, jangan sampai tidak memercikkan api. Juga, bila tekanan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar tidak memadai, mengakibatkan mesin bergetar.

Pemicu lain, komponen engine mounting (EM)  sudah rusak. Bisa karena usia pakai atau terlalu sering melakukan akselerasi atau deselerasi mendadak. Akibatnya, kerja EM jadi berat menahan gerakan mesin.

No caption
No credit
No caption

2. Rem
Kondisi cakram sudah tipis membentuk gelombang. Nah, ketika pedal rem diinjak, terasa bergetar. Kemudian, ketika mengganti kampas rem, jangan pilih yang keras karena bisa 'menghabisi' piringan.

No caption
No credit
No caption

3. Ban
Bisa karena kondisi karet bundar kurang bagus alias ada benjolan akibat menghantam benda keras dengan kecepatan tinggi. Ban bergelombang dikarenakan suspensi kurang baik.

Untuk merawat ban, saran Iwan Abdurahman, yakni pantau keselarasan ban secara periodik melakukan spooring dan balancing. Kemudian jaga tekanan angin dalam kondisi ideal.


4. Axle
Memang jarang, tapi bukan tak mungkin akan rusak. Apalagi sering menerjang rusak, bila gardan bermasalah maka fungsinya menyalurkan tenaga ke roda juga tidak lancar.

Selain axle, driveshaft juga bisa menimbulkan getaran akibat ada masalah pada bagian joint. Untuk mobil gerak roda depan, as roda yang jadi penyebab getaran, namun biasanya dirasakan saat membelok. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa