Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hati-Hati! Jangan Sampai Salah Menggunakan Cairan Pembersih Mesin

Selasa, 19 November 2013 | 08:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Membersihkan mesin mobil, entah itu bagian luar atau dalam, tak harus dengan cara bongkar membongkar. Cukup dengan cairan pembersih, semua jadi beres.Meski pengerjaannya gampang, tapi jika sampai salah pemakaiannya bisa berakibat fatal.

Pasalnya, di gerai aksesoris ditawarkan beragam cairan pembersih dengan memakai nama "engine". Ada "engine conditioner", "Engine Degreaser", dan "Engine Flush", masing-masing punya formula dan tugas yang berbeda.

"Meski berkutat seputar mesin, formula kimianya dirancang untuk keperluan berbeda dan punya spesifikasi khusus. Jadi, kita harus paham kegunaannya, sampai salah bisa runyam," jelas Pieter Dionisius dari PT Autochem Industri, pemegang merek Prestone di Indonesia.

Agar tidak keliru pemakaiannya, inilah bedanya dari ketiga cairan pembersih mesin.
No caption
No credit
No caption

Engine conditioner
Cairan berbahan solvent dalam bentuk foam atau busa  untuk membersihkan ruang bakar dengan cara disemprotkan ke ruang bakar melalui lubang busi (busi dilepas). Suhu mesin, sebaiknya dalam kondisi hangat dan kotoran (kandungan kerak dan karbon) yang menempel du kepala piston dan valve akan terkikis dan dibuang melalui knalpot.

"Dengan suhu mesin hangat akan cepat membantu cairan menguap. Selain itu, pada saat panas, kerak karbon akan lebih mudah larut," tambah Asrofi, mekanik Sempur Motor di Tangerang.

No caption
No credit
No caption

Engine Degreaser
Bahan sama solvent, hanya lebih keras karena bertugas membersihkan kotoran atau daki di luar mesin. Dikemasnya sama dengan engine conditioner dalam tabung aerosol.

Cara memperlakukannya, mesin harus dalam kondisi hangat dan semprotkan di bagian yang kotor. Formulasi unik dari engine degreaser ini akan mengikat dab melarutkan kotoran yang membandel. Setelah itu dibilas dengan air dengan menggunakan selang.


Engine Flush
Berupa deterjen khusus yang mampu membersihkan kotoran di dalam karter mesin dan jalur oli. Caranya, dimasukkan ke dalam mesin melalui lubang oli, lalu mesin dihidupkan selama 15 menit. Setelah itu, dibuang melalui pembuangan oli.

Melakukan flushing mesin saat akan ganti oli. Kandungan enfine flush mengencarkan oli agar cepat turun ke karter. Dengan kandungan yang kuat, engine flush juga membantu membersihkan sludge dan karbon di ring piston.

Kesimpulan : bisa kebayang, jika sampai salah penggunaannya. Semisal, engine degreaser dimasukkan ke dalam mesin. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa