Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Maksimalkan Kabin City Car, Usahakan di Lokasi Asli

billy - Senin, 2 September 2013 | 15:14 WIB


Punya city car bukan berarti enggak bisa up grade sistem audio. Walau berdimensi sempit dengan dasbor kecil, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan nih.

“Agar semuanya mendukung, lakukan penggantian untuk head unit, speaker, subwoofer dan pemakaian power amplifier,” terang Jasum dari Pesona Audio. Untuk tonal yang sempurna, pilihan speaker 3 way pasti lebih baik.

Kalaupun masih terlalu sempit, maka lebih cocok jika pakai speaker 2 way dengan dimensi midbass yang bisa diaplikasikan pada rumah speaker OEM. Umumnya berukuran 5 inci dan 6 inci. Sehingga tak perlu membuat custom kick panel pada door trim.

Untuk tweeter bisa diposisikan tidak menghalangi pilar A yang mengakibatkan blind spot. Jika speaker 2 way yang digunakan masih dirasa kurang pas. Maka bisa dilakukan dengan meng-custom pasif crossover dengan membuat suara midbass lebih kecil sedikit dan cutting frekwensi tweeter dipotong lebih rendah. Biasanya cutting frekuensi tweeter paling rendah dipotong 4.000 hingga 5.000 Hz 12 dB.

Pilih juga dimensi dan karakter suara subwoofer yang sesuai kebutuhan. “Pilih sub berukuran 8-10 inci. Tapi pilihlah subwoofer yang tidak membutuhkan boks besar agar kinerja bisa maksimal dan tidak menghabiskan ruang,” timpal Eddie Susanto dari Cartens Autosound & Installation.

Sedangkan untuk tipe power amplifier juga dipilih sesuai konsep settingan. Saat ini di pasaran banyak tersedia power 4 kanal yang bisa menjadi pilihan. Power berjenis digital bisa dilirik, karena umumnya memiliki dimensi yang kecil dan tenaga yang baik. Bagian bawah kedua bangku depan, biasanya menjadi lokasi yang ideal. (mobil.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa