Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersihkan Tabung Reservoir Radiator, Cegah Kotoran Tersedot Balik

billy - Sabtu, 24 Agustus 2013 | 12:39 WIB
No caption
No credit
No caption


Salah satu penyebab mampetnya saluran radiator, umumnya kotoran. Kotoran ini biasanya hasil dari karat yang terjadi dalam saluran pendinginan mesin.

Nah, karena selalu bersirkulasi ketika mesin hidup, lama kelamaan kotoran tadi menempel dan menumpuk di saluran/kisi-kisi radiator, sehingga menyebabkan jalur air mampet.

Bahkan bisa juga mengotori hingga ke tabung resevoir (cadangan). Kalau didiamkan, ketika cairan pendingin mesin bersirkulasi. "Dikhawatirkan kotoran yang ada dalam tabung reservoir akan tersedot kembali masuk ke dalam radiator," wanti Saleh, mekanik Kien's Abadi Motor di Ramanda, Depok, Jabar.

Untuk mencegah, coba deh dicek tabung reservoir mobil kesayangan. Indikasi kemungkinan tabung kotor, bisa dilihat dari warna cairan pendingin yang menguning atau kondisi selang yang sudah banyak ditempeli lumpur karat (gbr.1).

Bila keadaannya memang sudah terlalu kotor, segera deh dibersihkan. Toh, ini sebenarnya bukan pekerjaan sulit kok. Bisa dikerjakan sendiri di rumah. OTOMOTIF akan memandu dan bahan prakteknya pada Daihatsu Xenia Xi keluaran 2006, similar dengan Toyota Avanza.

Mula-mula siapkan sikat botol dan detergen cair atau boleh juga sabun cuci piring yang ada di rumah (gbr.2). Setelah itu lepas tutup tabung reservoir, lalu cabut tabung dari dudukannya dengan cara cukup diangkat (geser) ke arah atas.

Jika tabung sudah terangkat, ambil wadah kecil kemudian tuang cairan pendingin yang ada di dalam tabung. Oh iya, kalau cairan pendingin kondisinya sudah terlalu kotor, jangan dipakai lagi ya. Sebaiknya ganti dengan yang baru, agar terhindar dari kotoran yang masih bercampur dalam cairan.

Nah, segera deh tuangkan detergen cair ke dalam tabung secukupnya, trus tambahkan air kira-kira 1/5 volume tabung (gbr.3). Lalu masukkan sikat botol dan gosok deh secara merata bagian dalam tabung sampai kotoran yang nempel di permukaan dalam tabung rontok (gbr.4).

Bila perlu lakukan berulang-ulang (ganti air dan sabunnya) sampai didapat hasil yang benar-benar bersih. Tuh coba lihat sekarang, lebih bersih kan (gbr.5).

Selamat mencoba ya!. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa