Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersihkan MAF Sensor Honda Jazz, Tinggal Semprot, Mesin Sehat

billy - Jumat, 23 Agustus 2013 | 08:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sering kali setiap melakukan perawatan All New Honda Jazz, MAF (mass air flow) sensor lupa dibersihkan. Biasanya karena dianggap sebelum di-tune up, tidak ada masalah dengan MAF sensornya atau juga lampu check engine tidak menyala. Jadi, dianggap tidak ada kerusakan sensor.

Walaupun tidak rusak dan masih bekerja dengan baik, namun jika tidak dirawat, komponen ini akan rusak atau tidak membaca aliran udara dengan tepat, yang disebabkan banyaknya kotoran pada MAF. Apalagi jika sudah menggunakan filter udara replacement atau model open filter.

Kalaupun terlewati oleh bengkel, tenang saja. Membersihkan sendiri pun caranya tidak sulit. Cukup sediakan obeng plus dan MAF cleaner atau boleh juga menggunakan electronic cleaner yang khusus untuk komponen elektronik (gbr.1).


Langkah pertama, pastikan kunci kontak pada posisi OFF atau terlepas dari rumah kunci kontak. Lalu lepaskan kedua baut pengunci MAF sensor dengan menggunakan obeng plus (gbr.2). Kemudian lepaskan soketnya dengan cara ditekan penguncinya, lalu di tarik. Jika sudah terlepas baut pegangan sensor, tinggal ditarik ke atas sensornya.

Berikutnya proses pembersihan sensor. Arahkan semprotan cairan pembersih ke lubang di MAF. “Cukup semprot sekitar 10 sampai 15 kali semprotan. Lalu semprot juga keseluruhan MAF (gbr.3),” sebut Rudy Solihin dari Ramayana Motor, spesialis Honda. Setelah itu keringkan dengan cara natural. Boleh ditiup dengan mulut ataupun kompresor (gbr.4), tapi anginnya harus diatur tidak boleh kencang karena dapat merusak sensor. Bisa juga didiamkan, karena cairan pembersihnya cepat mengering.

“Setelah yakin benar-benar kering, baru boleh dipasang kembali MAF-nya,” ujar pebengkel di bilangan Kedoya, Jakbar. Caranya tinggal pasangkan kembali ke dudukan MAF sensor, kemudian kencangkan baut pegangannya. Jangan terlalu dipaksakan kekencangan baut, karena dapat merusak pegangan dan drat di dudukan MAF. Jangan lupa pasangkan kembali soket wiring ke MAF, pastikan sampai terdengar suara klik yang artinya sudah mengunci.

Sekarang, silahkan hidupkan mesin dan pastikan lampu check engine tidak menyala. Jika menyala, matikan mesin dan coba reset ECU dengan mencabut kepala negatif battery selama 30 detik, kemudian pasangkan kembali. “Tapi biasanya kasus check engine jarang sekali terjadi,” bilang Rudy lagi. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa