Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Merapikan Jalur Kabel Audio, Rapi Pangkal Merdu

billy - Sabtu, 17 Agustus 2013 | 10:23 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bagaimana jika interior terlanjur berantakan karena kabel yang tak rapi saat pemasangan audio sistem. Padahal, tak hanya megejar suara merdu, kabel yang rapi bakal bikin kabin lebih nyaman kan. Nah, tak ada salahnya mulai merapikan jalur kabel. Terlebih, masalah yang satu ini bisa dikerjakan sendiri.

Seperti yang dikatakan oleh Yanto, pentolan Idola Audio. ”Sebelumnya harus diketahui dulu fungsi kabel yang terdiri dari kabel RCA/interconnect, kabel setrum, kabel speaker dan lainnya,” ucap Yanto. Lalu untuk mendapatkan hasil yang maksimal baik kabel dan sekring harus menggunakan ukuran yang sesuai dengan kapasitas ampere yang terpakai.

Pilihlah kabel dengan material yang baik. “Untuk kabel setrum, gunakan kabel dari tembaga murni atau silver,” timpal Roy, praktisi SPL dari Idola Audio. Kabel RCA pun banyak macamnya, ada yang bagus untuk suara high tapi kurang bagus untuk suara low dan sebaliknya. Begitu pula saat memilih kabel speaker. Usahakan menambah titik ground di bodi lebih dari satu atau dengan cara mengepang kabel RCA untuk menghilangkan atau mencegah suara storing dari audio. Lalu, kabel speaker sebaiknya dibiarkan tetap lurus dan jangan digulung.

Pastikan kabel setrum jauh dari kabel RCA dan jangan berdekatan dengan kabel-kabel bawaan mobil. Untuk posisi kabel audio, biasanya ditempatkan di sebelah kiri mobil (gbr.1). “Karena biasanya jalur kabel standar mobil berada di sebelah kanan,” jelas instalatur yang beralamat di Komplek Ruko Sentra Onderdil Harapan-Indah Blok EJ No.12-12A, Bekasi Barat.


Untuk faktor safety, juga bisa menambahkan sekering utama yang diletakkan tak jauh dari aki (gbr.2). “Jarak maksimal sekitar 40 cm,” tambah instalatur yang sering menjuarai kontes SPL ini.

Untuk penempatannya bisa dengan meletakkan di bawah karpet. Namun, pastikan semua kabel terbungkus dengan baik dan tidak ada yang bocor. Pastikan pula dalam setiap sambungkan atau koneksi, terpasang dengan baik serta terlindung dengan aman, agar tidak terjadi korslet. Untuk pengamanan bisa menggunakan slang bakar dan kabel tersolder dengan baik.

Rapikan jalur kabel sebelum menutup kembali karpet dasar dan pastikan tidak ada kabel yang saling berhimpitan (gbr.3). Untuk kabel-kabel yang menuju power, bisa dibuatkan penutup yang bisa membuat jalur kabel terlihat rapi. Pastikan kabel-kabel telah terbungkus menempel dengan baik ke lantai kabin dan tidak mengganggu kabel dan fungsi lain dari mobil.

Voila... kini interior pun lebih rapi kan. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa