Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Wireless Relay Immobilizer Tambahan, Mirip Immobilizer Key

billy - Senin, 5 Agustus 2013 | 08:12 WIB
No caption
No credit
No caption


Sering dengar istilah immobilizer keys (IK) dong? Yup, sistem ini akan mengenali kunci dengan ECU pada kendaraan, kala mesin akan dihidupkan.

Prinsipnya, pada IK ada sebuah micro chip yang ditempatkan di kepala atau badan kunci. Chip tersebut berfungsi sebagai transmitter dan receiver mini. Ketika frekuensi berhasil terbaca oleh sensor yang terkoneksi dengan ECU, baru deh mesin bisa dihidupkan dengan cara memutar kunci kontak atau menekan tombol.

Sebaliknya bila tidak ada sinyal dari kunci atau sinyal tidak dikenali lantaran kunci yang dipakai bukan peruntukkannya. Maka ECU tidak akan mengirimkan arus buat menyalakan mesin. Jadi, seandainya pencuri berhasil masuk ke dalam mobil, namun karena tak memilik kunci yang tepat. Pasti tidak akan bisa menyalakan mesin.

Lantas bagaimana dengan yang belum punya sistem ini dan ingin mengaplikasinya? Tenang sob,  baru-baru ini PT Berkat Anugrah Perkasa Jaya (BAPJ) melansir salah satu produk bikinan Silicon. Itu tuh, yang biasa bikin alarm mobil. Namanya Wireless Relay Immobilizer (gbr. 1).

“Fungsinya mirip-mirip immobolizer key. Alat ini bekerjanya sebagai relay pemutus arus pada fuel pump atau sistem start. Bentuknya sama persis dengan relay yang ada di mobil. Namun dilengkapi transmitter. Makanya ada remotenya,” ungkap Aris dari BAPJ.

Remote bertugas memancarkan sinyal untuk memutus arus yang masuk ke relay. “Remotenya bisa dikondisikan manual atau otomatis. Kalau manual, kita mesti pencet tombol yang ada pada remote saat hendak mengaktifkan relay. Sementara mode otomatis, tak perlu pencet-pencet tombol. Remote cukup dikantongi atau digabungkan dengan anak kunci. Karena saat remote dekat dengan mobil dan remote itu bergoyang, maka dengan sendirinya akan memancarkan sinyal untuk mengaktifkan relay,” terang Aris.

Pemasangannya, lanjut Aris, juga sangat mudah. “Tidak ada pemotongan kabel. Langsung plug and play, menggantikan relay fuel pump atau sistem starter yang ada di kotak sekering (gbr. 2),” tambahnya sembari bilang kalau saat ini baru tersedia untuk Toyota Kijang Innova, Avanza dan Daihatsu Xenia.

Kalau di Kijang Innova, posisi relay yang dimaksud berada di kotak sekering yang ada di ruang mesin. “Sementara Avanza dan Xenia, kotak sekeringnya yang berada di bawah setir dalam kabin (gbr. 3),” tukasnya. Tinggal cari deh relay fuel pump atau sistem starter-nya. Wah, bisa jadi pengaman tambahan nih.

Oh iya, banderolnya kata Aris yakni Rp 500 ribu. Kalau berminat atau ingin infonya lebih detail, silahkan kotak BAPJ di 021-7034 0962. (mobil.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa